Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Sistem Pelampung Akurat Menghitung Volume BBM di Tangki Mobil?

KLATEN, KOMPAS.com - Sering terpantau indikator bensin menunjukkan posisi E tapi kendaraan masih bisa melaju dengan baik. Padahal, bila merujuk ke arti secara bahasa, E adalah empty yang mengindikasikan bahan bakar dalam tangki kosong.

"Kalau saya baca lawan kata full kan empty, jadi menurut saya yang benar adalah empty karena indikator tersebut digunakan untuk menghitung volume bahan bakar," ucap Didi Ahadi, Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com, Selasa (23/8/2022)..

Seperti yang diketahui, pelampung pada tangki bahan bakar hanya menggerakkan tahanan sesuai dengan ketinggian permukaan.

Jadi, tidak ada alat yang bertugas mengukur volume bahan bakar yang sebenarnya. Lantas, apakah sistem pelampung bahan bakar bisa dikatakan akurat?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, sistem pelampung digunakan hampir pada setiap kendaraan berbahan bakar minyak. Dengan demikian bisa jadi cukup akurat.

“Sebenarnya kan ada patokan dalam menghitung volume dari tinggi permukaan cairan, tangki bahan bakar kan juga sudah pasti diukur oleh pembuatnya, sehingga walau hanya mengandalkan tanahanan diusahakan bisa mengukur volume BBM dengan akurat,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Dia mengatakan tingkat akurasi sistem pelampung pada tangki bahan bakar bisa dikatakan mencapai 90 persen.

“Maka dari itu, di mobil-mobil modern yang dilengkapi multi information display (MID) biasanya bisa menampilkan volume bahan bakar yang tersisa, bahkan bisa memperkirakan jarak tempuh yang masih mampu dicapai dengan sisa bahan bakar tersebut,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan sistem pelampung memang sebenarnya hanya taksiran, tapi hal tersebut bukan berarti asal-asalan karena tetap ada perhitungannya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/23/171200815/apakah-sistem-pelampung-akurat-menghitung-volume-bbm-di-tangki-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke