Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suzuki Satria Lumba Listrik Tebar Pesona di GIIAS 2022

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Jajaran motor listrik hasil konversi ikut ambil bagian di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dan "mejeng" di booth komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik).

Ada beberapa motor di booth, namun Kompas.com tertarik dengan motor listrik Suzuki Satria 120 R atau yang dikenal dengan nama Satria Lumba. Motor bebek 2-tak legendaris yang eksis di awal milenium.

Motor berjantung listrik merupakan bikinan Mandhasia Garage, bengkel yang juga pernah membawa Kawasaki KLX150 berjantung listrik di IIMS Motobike Show 2021, akhir tahun lalu.

Ciri khas tampilan Satria Lumba listrik dipertahankan. Paling hanya penggantian ban yang lebih lebar sesuai gaya balap di zamannya yaitu komorod alias atau Korban Modifikasi Road Race.

Menariknya Mandhasia tetap menggunakan speedometer asli. Tangki bensin di bawah jok juga masih terpasang meski sudah tak terpakai.

Perbedaan Satria Lumba listrik ini dapat dilihat dari penunjuk baterai di pangkal setang kanan. Kemudian mesin tegak 2-tak dan knalpot yang hilang digantikan dinamo listrik yang disuplai dari baterai.

Penggeraknya menggunakan dinamo Mid Motor QS 138 V3 berdaya 3.000 Watt. Adapun baterai berkapasitas 72V 42 Ah Sine Wave FOC 190 A. Motor bisa dipacu hinga 110 km per jam.

Baterai mampu menempuh jarak maksimal 80 km. Pengisian daya hanya mutuhkan waktu 3,5 jam dari kondisi kosong hingga penuh.

Sekilas soal Satria Lumba mengusung mesin asli 120cc 2 tak yang menghasilkan tenaga 13 PS dan torsi 12,7 Nm. Tenaga dikirim ke roda belakang pakai rantai menggunakan transmisi enam percepatan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/20/174200315/suzuki-satria-lumba-listrik-tebar-pesona-di-giias-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke