Salin Artikel

Cerita Truk Kepala Hijau Dominasi Segmen Komersial di Indonesia

TANGERANG, KOMPAS.com – Tahun ini Hino Indonesia genap berusia 40 tahun, setelah perusahaan PT Hino Indonesia Manufacturing (HIM) didirikan pada 1982. Mesin H07C-D4 menjadi mesin hasil produksi pertama Hino Indonesia Manufacturing di tahun 1985.

Setelahnya Hino truk FF 172/173 LA mulai diluncurkan di tahun yang sama dan satu tahun berikutnya, menyusul Hino Bus AK yang bermesin depan diluncurkan di 1986 yang kemudian menjadi penguasa di kategorinya.

Namun sejatinya, Hino pertama kali hadir di Tanah Air pada tahun 1967 atau 55 tahun lalu, dimana 150-unit Hino Bus BT51 dikirim oleh Pemerintah Jepang untuk bantuan kepada Pemerintah Indonesia.

Satu hal yang menarik, pabrikan Hino selalu identik dengan kepala truk warna hijau, tepatnya dimulai pada tahun 1989.

Ketika itu, Hino truk FF172/173MA sebagai model truk pertama di Indonesia, memakai warna kabin hijau atau Indonesia Green. Sejak saat itulah warna kabin Hijau terus melekat dengan Hino hingga saat ini.

Memasuki tahun 2011, market leader medium duty truck dengan lebih dari 50 persen market share ini, telah melakukan ekspor komponen dan suku cadang.

Bahkan pada 2014, pabrikan ini menjadi yang pertama dan satu-satunya merek kendaraan komersial di Indonesia yang melakukan ekspor truk secara complete built up (CBU).

Hal ini juga menandakan Hino Indonesia saat ini, sebagai salah satu pangkalan produksi Hino untuk ekspor ke 19 negara.

Pada tahun 2022, bersamaan dengan perayaan 40 tahun, Hino menjadi jenama kendaraan komersial pertama di Indonesia yang meluncurkan kendaraan dengan standar emisi Euro4 di bulan Maret 2022.

Total ada 60 model Hino Euro4 yang diluncurkan sejak Maret hingga yang terbaru di GIIAS 2022 ini yaitu, Hino Ranger FMX 280 TH, Hino Ranger FLX 280 JW (8X2), Hino Ranger FLE 260 JW (6x2), Hino Ranger FG 260 JU, dan Hino Dutro 136 HDX 5.8 Plantation.

“Kami terus mengembangkan dan berinovasi untuk menghadirkan kendaraan yang tepat sesuai dengan segmentasi bisnis para pengusaha di Indonesia, atau kami menyebutnya best fit product,” ujar Irwan Supriyono, After Sales Director PT Hino Motors Sales Indonesia, Jumat (19/8/2022).

“Pencapaian Hino di Tanah Air yang mampu memimpin pasar medium duty truck, karena Hino terbukti tangguh dan meningkatkan keuntungan di tangan,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/19/161831515/cerita-truk-kepala-hijau-dominasi-segmen-komersial-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.