Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Peluang Daihatsu Ayla EV Jadi Mobil Listrik Murah Massal | Ingat Lagi Lokasi Akses 28 Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

TANGERANG, KOMPAS.com - Meski masih berupa prototipe, namun kehadiran Daihatsu Ayla EV di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 cukup mengejutkan.

Sosok Ayla EV menjadi produk yang menyita perhatian pengunjung, bahkan bisa dibilang menjadi salah satu magnet dalam gelaranan GIIAS tahun ini.

Hal tersebut cukup wajar, pasalnya banyak pecinta otomotif yang penasaran soal transformasi mobil murah ramah lingkungan alias LCGC ini, menjadi mobil listrik murni.

Selain itu, ada penerapan rekayasa lalu lintas berupa penerapan sistem ganjil genap di Jakarta. Ini juga berlaku pada akses masuk dan keluar gerbang tol.

Pengguna kendaraan yang melanggar kebijakan tersebut bisa dikenai hukuman berupa denda tilang karena telah melanggar sistem yang berlaku.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada hari Senin, 15 Agustus 2022.

1. Peluang Daihatsu Ayla EV Jadi Mobil Listrik Murah Massal

Pengembangan Ayla EV murni dilakukan Research & Development (R&D) Astra Daihatsu Motor (ADM) Indonesia. Bahkan diklaim mendapat dukungan dari Jepang sebagai pihak prinsipal.

"Mereka (prinsipal) support, tapi kita tetap berkolaborasi. Bahkan mereka juga memberikan keleluasaan karena pada prinsipnya R&D kita juga partner dengan prinsipal, jadi mereka juga memberikan ruang bagi kreativitas teman-teman (Indonesia)," ujar Soni Satriya, Design Engineering Division Head Research & Development (R&D) Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Lantas bagaimana prospek ke depannya, apakah Ayla EV bisa jadi mobil listrik murah massal pertama Daihatsu, atau sebatas mimpi?

2. Ingat Lagi Lokasi Akses 28 Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Sanksi ini mengacu pada UU tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009. Dijelaskan, ada denda kurungan maksimal dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Berikut ini lokasi akses gerbang tol di DKI Jakarta yang masuk zona ganjil genap.

3. Benarkah Motor Listrik Alva Berasal dari Indonesia?

Motor listrik terbaru, yaitu Alva One, resmi memasuki pasar roda dua Tanah Air dengan melakukan peluncuran di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Purbaja Pantja, President Director Presiden Direktur PT Ilectra Motor Group (IMG), mengatakan, Alva merupakan merek lokal yang diproduksi di dalam negeri.

Namun bila melihat desain dan tampilannya, motor listrik Alva One tampak sama persis dengan Arena VT3, yang meluncur pada Juni lalu.

4. Spesifikasi Kia Sorento HEV, Harga Setara Hyundai Palisade

PT Kreta Indo Artha (KIA) mulai menunjukkan dukungannya terhadap program pemerintah dengan meluncurkan kendaraan elektrifikasi, yakni Sorento HEV.

Sorento generasi terbaru ini sudah mengadopsi teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV). KIA meluncurkannya pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Sebelumnya, Sorento mengandalkan mesin diesel. Untuk generasi terbaru ini, Sorento sudah menggunakan mesin bensin dengan kombinasi motor elektrik yang dibekali baterai berkapasitas 14 kWh.

5. Cicilan Motor Listrik Alva One, Mulai dari Rp 800.000

Motor listrik Alva One resmi meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Buat yang tertarik motor ini sudah bisa dibeli dengan cara dikredit alias dicicil tiap bulan.

Purbaja Pantja, Presiden Direktur PT Ilectra Motor Group (IMG) mengatakan, pihaknya mengambil peran dengan menjadikan momentum ini untuk memperkenalkan merek Alva dan produk pertama Alva One.

“Kehadiran ALVA di industri kendaraan roda dua berbasis listrik bukan hanya sekedar menghadirkan produk motor listriknya saja, melainkan untuk menghadirkan lifestyle mobility solution dengan menghadirkan aplikasi yang terhubung dengan motornya,” kata Purbaja waktu peluncuran, belum lama ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/16/060200315/-populer-otomotif-peluang-daihatsu-ayla-ev-jadi-mobil-listrik-murah-massal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke