Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kia Pamerkan 3 Mobil Listrik di GIIAS 2022

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 jadi momentum PT Kreta Indo Artha (KIA) untuk memamerkan kendaraan elektrifikasinya. Kali ini, KIA menghadirkan Niro EV, EV6 GT-Line, dan Sorento HEV.

Dengan menghadirkan ketiga kendaraan elektrifikasi tersebut, sekaligus menegaskan komitmen KIA akan masa depan industri otomotif di Tanah Air yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, untuk turut mendukung target pemerintah dalam mewujudkan ekosistem otomotif yang berbasis low carbon emission.

Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT KIA, mengatakan, ketiga produk elektrifikasi yang dibawa ini juga menjadi salah satu bukti komitmen KIA dalam mendukung terciptanya ekosistem mobilitas ramah lingkungan, dan sesuai dengan kebijakan Pemerintah Indonesia.

"Kia Sorento berbasis teknologi hybrid, serta Kia Niro EV dan Kia EV6 yang merupakan Full BEV, kami hadirkan untuk menunjukkan teknologi elektrifikasi yang kami miliki telah siap untuk diperkenalkan di Tanah Air,” ujar Ario, dalam keterangan resminya.

Model pertama yang ditampilkan adalah Kia Sorento HEV. Mobil ini dibekali dengan mesin Smartstream G1.6 T-Gdi, CVVD 4-silinder segaris berkapasitas 1,6 L yang telah dilengkapi turbocharger.

Mesin ini menghasilkan tenaga puncak 176 tk dan torsi maksimal 264 Nm. Mesinnya dikombinasikan dengan motor listrik berdaya 44 kW. Sehingga, kombinasi tenaga yang yang dhasilkan mampu mencapai 226 tk dengan torsi maksimal mencapai 350 Nm.

Kia Sorento HEV mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 14 kWh. Semua daya tersebut didistribusikan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan.

Selain teknologi hybrid, KIA juga memamerkan dua mobil listrik, yaitu Kia Niro EV dan EV6 GT-Line. Kia Niro EV merupakan sebuah SUV kompak yang berteknologi full EV.

Mobil ini mengandalkan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) di roda depan yang mampu menghasilkan tenaga puncak 200 tk dan torsi maksimal 255 Nm.

Baterai yang digunakannya memiliki kapasitas hingga 64,8 kWh. Niro EV diklaim mampu menempuh jarak total hingga 463 km.

Kemudian, dipamerkan juga Kia EV6 GT-Line yang merupakan salah satu model unggulan Kia secara global.

Mobil ini hadir dengan tampilan yang sporty ditunjang dengan penggunaan motor listrik PMSM yang terpasang di kedua sumbu roda depan dan belakang.

Motor listrik ini mendapat sumber energi dari baterai berkapasitas 77,4 kWh, yang menghasilkan tenaga puncak hingga 320 tk dan torsi 605 Nm. Kia EV6 diklaim mampu menempuh jarak total hingga 506 km.

“Tak sekadar menunjukkan komitmen kami terhadap masa depan industri otomotif Indonesia yang semakin ramah lingkungan, kami juga sekaligus menjajaki ketertarikan konsumen terhadap model-model elektrifikasi yang kami miliki untuk pasar Indonesia,” kata Ario.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/14/130100115/kia-pamerkan-3-mobil-listrik-di-giias-2022

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.