Salin Artikel

Gandeng KNKT, UD Trucks Berikan Pelatihan bagi Pengemudi di GIIAS 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan performa dan pengalaman pengemudi, UD Trucks menggelar pelatihan dalam program Driver Training bagi 35 pengemudi Astra UD Trucks.

UD Driver Training terdiri dari berbagai aktivitas guna melatih pengemudi agar mencapai performa terbaik yang berkaitan pada peningkatan bisnis pelanggan, seperti hemat bahan bakar, melipat gandakan produktivitas unit, dan yang terpenting keamanan pengemudi.

Modul pelatihan diberikan terdiri dari pelatihan inclass dan praktek langsung dengan lokasi beragam mulai di Astra UD Training Centre, ke lokasi pelanggan, atau juga dapat dilakukan secara online.

Program ini dilakukan dengan menggandeng pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan berpedoman pada empat pilar, yakni pre-drive inspection, driving skill, pick-up time, dan delivery.

Bambang Wijanarko, Chief Operating Officer dari Astra International UD Sales Operations mengatakan, sumber daya manusia merupakan salah satu komponen utama dalam industri.

"Hal ini tentunya saling berkaitan dengan pengembangan teknologi, design, dan peningkatan performa untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu adanya teknologi UD Telematics pada UD Trucks sangat membantu memudahkan pekerjaan dan peningkatan efisiensi pengemudi," ucap Bambang, dalam keterangan resminya, Sabtu (13/8/2022).

Dengan adanya teknologi dan fitur canggih pada unit-unit UD Trucks, kemampuan pengemudi jadi aspek penting meningkatkan efisiensi kerja yang jika dikombinasikan dapat berkontribusi mengurangi Total Cost Ownership (TCO) serta faktor keselamatan pengemudi dan keamanan unit truk yang digunakan.

Pada aspek keamanan, UD Trucks sejak lama menyediakan fitur UD Telematics yang membantu pengemudi dan pelanggan mengelola armada secara efektif.

Fitur tersebut dapat memberikan visibilitas penuh memantau armada, memprediksi kapan unit memerlukan preventive maintenance, memungkinkan pelanggan mengakses analisis laporan unit dan optimasi bahan bakar, serta pengelolaan waktu kerja setiap armada yang dimiliki.

Sementara itu, Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan menyampaikan, sudah waktunya membentuk budaya selamat pada para pengemudi, yang merupakan budaya di mana pengemudi terlatih untuk mengidentifikasi resiko pada pekerjaaannya.

"Apa saja resiko pada kendaraan yang dibawa, apa saja resiko pada lintasan yang akan dilalui, apa saja resiko muatannya, dan yang paling penting apa saja resiko pada dirinya. Karena keselamatan, adalah terhindarnya seseorang dari resiko terjadinya kecelakaan, oleh sebab itu jika tidak ingin celaka pahami resikonya dan kendalikan," kata Wildan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/14/123100915/gandeng-knkt-ud-trucks-berikan-pelatihan-bagi-pengemudi-di-giias-2022

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.