Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat, Perilaku Mengemudi Memengaruhi Tingkat Fatalitas Kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan bebas hambatan atau jalan tol dilengkapi dengan berbagai penunjang keselamatan yang bertujuan untuk meminimalisasi dampak atau fatalitas kecelakaan.

Contohnya, ada marka garis sebagai pembatas antar lajur dan bahu jalan, marka serong di tiap pertemuan dua lajur atau perpisahan lajur, serta rambu-rambu lalu lintas penanda batas kecepatan dan sejenisnya.

Penunjang keselamatan yang lainnya adalah pagar pengaman atau guard rail. Terdiri dari beberapa jenis, guard rail berfungsi untuk menahan bobot kendaraan saat mengalami kecelakaan di pinggir lajur, atau menjaga agar kendaraan tidak terjun ke area seperti jurang atau lereng di pinggir tol.

Sedangkan pada mobil, selain air bag, ada yang dinamakan crumple zone. Ini merupakan bagian yang lebih mudah rusak di bagian depan mobil, tujuannya untuk meredam benturan saat terjadi tabrakan.

Meski banyak fitur penunjang keselamatan yang bisa dinikmati, perlu dingat bahwa efektivitasnya kembali lagi kepada seberapa cepat mobil menabraknya.

Misalnya, guard rail. Training Director Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana memaparkan bahwa guard rail lebih efektif ditabrak dengan kecepatan maksimal 60 kpj. 

"Lebih dari itu, guard rail tersebut akan lepas karena tidak ada pondasinya," ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (8/8/2022).

Kemudian, crush cushion di ujung pembatas jalan serta crumple zone pada rangka mobil. Sony menjelaskan ini tujuannya untuk membagi benturan demi keselamatan penumpang. Artinya, rangka mobil di bagian tersebut tidak kaku.

Terkait efektivitasnya, Sony menegaskan bahwa ini kembali lagi ke perilaku berkendara si pengemudi.

"Bicara efektivitas, susah diukur karena semuanya dibuat untuk upaya mengurangi cedera, tidak untuk menyelamatkan. Yang menyelamatkan ya perilaku pengemduinya," ucap Sony.

Menurut dia, perilaku mengemudi yang agresif seperti overspeed dan ugal-ugalan lebih dominan dalam meningkatkan fatalitas berkendara. Maka, perlu diingat, efektivitas penunjang keamanan di jalan tol maupun mobil tetap kembali lagi kepada perilaku mengemudi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/09/072200015/ingat-perilaku-mengemudi-memengaruhi-tingkat-fatalitas-kecelakaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke