Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ducati Tes Perangkat Aero Baru di Motor Bastianini dan Martin

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati bisa dikatakan sebagai pelopor fairing aerodinamis, dengan winglet dan tambahan perangkat lainnya. Belum lama ini, Ducati kembali memperkenalkan perangkat terbarunya.

Pabrikan asal Italia tersebut selalu mengulik sektor aerodinamika untuk dikembangkan. Kali ini, Ducati menyematkan perangkat aero pada bagian buritan motornya yang dites saat MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone.

Tapi, perangkat tersebut masih dalam tahap pengetesan. Perangkatnya juga disematkan pada pebalap tim satelit Ducati, yakni Enea Bastianini dari Gresini Racing dan Jorge Martin dari Pramac Racing.

Berbagai macam tanggapan dari penggemar MotoGP melihat perangkat aero tersebut. Sebagian orang bahkan menyebutnya mirip dengan buntut dinosaurus jenis stegosaurus.

"Itu terlihat menyenangkan, itu terlihat mirip seperti Fast and Furious. Saya yakin jika mereka memasangnya, maka itu bekerja," ujar Quartararo, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (6/8/2022).

Bastianini sendiri mengatakan, dia justru melihatnya seperti Pokemon. Dia mengaku menyukai desainnya.

"Ketika pertama melihat sayap tersebut, reaksi saya hanya 'Wow'. Ini hanya membuat semakin sulit naik ke atas motor, setelah itu tidak begitu buruk," kata Bastianini.

Menurutnya, feeling saat menggunakan perangkat aero yang baru itu cukup baik untuk saat ini. Tapi, dia dan timnya masih harus mengetesnya lagi dan membandingkannya tanpa perangkat aero tersebut.

Sementara Martin, belum ingin memberikan penilaian. Tapi, menurutnya perangkat aero tersebut tidak memberikan banyak keuntungan.

"Ini terasa sedikit lebih sulit dalam hal pergantian arah dan sedikit lebih baik di trek lurus. Pasa akhirnya, ini masalah kompromi, kami masih harus menganalisanya, apakah lebih baik dengan atau tanpa sayap tersebut," kata Martin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/06/170200915/ducati-tes-perangkat-aero-baru-di-motor-bastianini-dan-martin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke