Salin Artikel

Mengenal Teknologi 3D Scanning di PEVS 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemajuan di dunia teknologi membuat perkembangan otomotif menjadi pesat. Banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat komponen pada kendaraan. Salah satunya dengan teknologi 3D scanning.

Teknologi tersebut diperlihatkan pada booth Evolusi 3D yang bisa dikunjungi di pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Sebelum membangun EV, kan pakai tanah liat dulu. Dari tanah liat itu, kita scan untuk dijadikan model tiga dimensinya menggunakan berbagai macam perangkat lunak. Contohnya, Solid Edge dari Siemens," ujar Eric Rudolf, CEO Evolusi 3D, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dengan memindai suatu komponen, bisa langsung diketahui bagaimana bentuk permukaannya, berapa luas bidangnya, jarak dari lubang yang satu ke lubang yang lain, derajat kemiringannya, dan lainnya.

"Hal-hal seperti itu dengan bantuan 3D scanning bisa langsung diketahui. Data digital tersebut diolah kembali oleh para desainer dengan perangkat lunak yang mendukung," kata Eric.

Eric menambahkan, data-data digital tersebut juga bisa diedit dengan mudah dan bisa masuk ke dalam produksi berikutnya.

Dengan bantuan 3D scanning, selanjutnya juga bisa dicetak menggunakan teknologi 3D printing. Sehingga, hasilnya akkan lebih akurat dan presisi.

Salah satu manfaat dari teknologi ini adalah dapat membantu untuk memproduksi suatu komponen yang mungkin sudah dihentikan pembuatannya oleh pabrik asalnya. Selain itu, bisa juga untuk membuat suatu komponen secara custom.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/31/110100415/mengenal-teknologi-3d-scanning-di-pevs-2022

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.