Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakai Sistem ADAS di Wuling Almaz RS, Pengemudi Wajib Tetap Fokus

Wuling Almaz RS menjadi salah satu mobil yang dilengkapi teknologi bernama ADAS (Advanced Driver Assistance System).

ADAS sendiri merupakan merupakan sekumpulan fitur yang membentuk sistem untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Teknologi ini secara otomasi mengerjakan sebagian tugas pengemudi. Maka ADAS membuat beban kerja saat mengemudi ditanggung oleh pengemudi dan kendaraan.

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengatakan, akan berbahaya jika menganggap bahwa ADAS adalah autopilot dan bergantung sepenuhnya pada sistem tersebut.

“Tujuan utama sistem ini dirancang adalah untuk meningkatkan aspek keselamatan, jadi ADAS sangat bermanfaat untuk semua pengendara, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman,” kata Danang saat dihubungi oleh Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Jika fitur ini digunakan dengan tepat, beban kerja pengemudi akan berkurang dan tidak cepat lelah. Maka dari itu, Danang menyarankan agar menggunakan sistem ADAS dengan bijak saat mengendarai mobil.

Pertama, pengemudi harus peka terhadap kondisi lalu-lintas. Pengemudi harus dengan bijak memutuskan apakah aman dan perlu mengaktifkan fitur ADAS tertentu.

Kedua, walaupun fitur-fitur dalam ADAS sudah diaktifkan, pengemudi harus tetap merespon potensi bahaya yang muncul dengan tanggap.

“Setiap pengguna mobil yang dilengkapi ADAS hendaknya mempelajari cara pakai fitur-fiturnya dan memperhatikan rekomendasi dari ATPM yang umumnya tertulis di buku manual,” kata Danang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/29/201100615/pakai-sistem-adas-di-wuling-almaz-rs-pengemudi-wajib-tetap-fokus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke