Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Beri Sinyal Kehadiran All New Civic Type R Hybrid

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda Civic Type R sudah resmi diluncurkan. Honda masih mengandalkan mesin konvensional di tengah-tengah era elektrifikasi seperti sekarang ini.

Meski demikian, Honda juga mengungkapkan bahwa kemungkinan All New Civic Type R versi hybrid untuk keluar tetap ada. Menurut Technical Advisor Honda Motor Europe Ko Yamamoto, semuanya mungkin saja.

"Saya tidak akan mengesampingkan elektrifikasi. Kita tidak bisa membuat powertrain elektrik sepenuhnya dengan platform ini, tapi saya membayangkan mobil ini dengan plug-in hybrid," ujar Yamamoto, dikutip dari Autocar.co.uk, Kamis (28/7/2022).

All New Civic Type R 2022 juga digadang-gadang sebagai generasi Civic terakhir yang dibekali dengan mesin pembakaran internal. Sebab, Honda sudah mencanangkan mulai 2023 tidak akan fokus lagi pada mesin konvensional.

"Elektrifikasi hanyalah ukuran teknis lainnya, seperti VTEC atau turbo, atau suspensi multi-link. Ada atribut tertentu yang penting untuk Type R, respons pamungkas, kesatuan antara pengemudi dan mesin. Bagaimana hal itu dicapai? Itu cerita lain, dan saya cukup yakin itu bisa dicapai dengan semacam elektrifikasi," katanya.

Selain pertanyaan soal hybrid, Honda juga menjawab kemungkinan All New Civic Type R dibekalid dengan sistem penggerak empat roda.

"Kita bisa memberikan four-wheel drive, tentu saja. Platform ini juga digunakan untuk four-wheel drive CR-V. Namun, saya pikir four-wheel drive tidak sesuai dengan konsep Type R. Itu tidak menambah kencang, tapi malah tambah berat," ujar Yamamoto.

Saat ini, All New Civic Type R dibekali mesin 2.0 L, turbocharged, 4-silinder sejajar, yang sudah ditingkatkan dari generasi sebelumnya. Sayangnya, belum disebutkan berapa pastinya peningkatan yang dimiliki mesin tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/29/080200515/honda-beri-sinyal-kehadiran-all-new-civic-type-r-hybrid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke