Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BERITA FOTO: Metropod, Kendaraan Listrik Mungil Dijadikan Feeder

Pasalnya, saat ini last mile transportation atau kendaraan feeder di Indonesia yang mengantar warga dari tempat tinggal ke terminal bus atau stasiun kereta belum terlalu nyaman dan ramah lingkungan.

Hanya saja diakui bahwa perlu adanya penyempurnaan pada kendaraan terkait agar dapat beroperasi secara optimal sebagai angkutan orang jarak dekat yang rendah emisi berbasis baterai.

"Metropod ini kita baru mengeluarkan prototipe pertamanya. Kita kembangkan terus dan jelas sekali mengarah ke komersialisasi, akan terus disempurnakan," kata Direktur Utama PT MAB Kelik Irwanto di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

"Ini kalau saya bilang adalah prove of concept, jadi tidak hanya gambar nih, kita juga buat prototipe. Targetnya, kita harapkan tahun depan sudah komersialisasi di bulan Juni," tambahnya.

Hanya saja, kata Kelik lagi, semua timeline untuk memasukkan kendaraan ke jalur produksi massal, kembali kepada proses riset dan pengembangan (RnD) di pihak internal.

Setelah itu, baru diujikan kelayakan operasionalnya ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan dilaporkan ke Kementerian terkait agar tidak timbul masalah legalitas.

"Sasaran konsumen kita untuk Metropod adalah perumahan atau kawasan industri yang membutuhkan kendaraan feeder. Jadi bukan jarak jauh atau masuk ke jalan raya karena spesifikasinya pun berbeda," kata Kelik.

(Penulis Ruly Kurniawan | Editor Azwar Ferdian)

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/28/085114415/berita-foto-metropod-kendaraan-listrik-mungil-dijadikan-feeder

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke