Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beli Motor Listrik, Bisa Pilih Baterai Tanam atau Tanpa Baterai

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 masih berlangsung hingga 31 Juli 2022. Tidak hanya mobil listrik, pengunjung juga disuguhkan dengan pilihan motor dan sepeda listrik.

Salah satu pilihan motor listrik yang bisa dipertimbangkan konsumen, ialah motor NIU Gova. Ada dua pilihan yang tersedia, yaitu yang dengan menggunakan baterai tanam atau tanpa baterai.

Motor NIU Gova yang dijual dengan baterai tanam dibanderol Rp 25,8 jutaan. Sedangkan untuk unit tanpa baterai disediakan oleh produsen baterai untuk motor listrik Oyika, dengan harga Rp 11 jutaan.

Ada satu perbedaan mendasar di antara motor dengan baterai tanam dan tanpa baterai, yaitu cara pengisian dayanya. Motor listrik NIU dengan baterai tanam diisi daya dengan menggunakan kabel charger yang tersedia.

"Nanti dapat charger. Yang penting, watt di rumahnya cuma 1.300, enggak gede," kata salah seorang tenaga penjual NIU saat ditemui Kompas.com di booth NIU beberapa waktu lalu.

"Charge-nya 6 jam. Dia bisa sampai 90 km jarak (tempuh)-nya," ucap dia.

Sedangkan untuk motor dengan tipe yang sama tanpa baterai, sistem pengisian dayanya, yaitu dengan swap baterai. Sehingga, pemilik kendaraan tidak perlu melakukan pengisian daya dengan soket listrik.

"Bisa (swap baterai) kapan saja. Kita ada biaya berlangganan. Karena, baterainya kita garansi selama berlangganan. 30 hari, bebas tukar," ucap seorang tenaga penjual Oyika di PEVS 2022 beberapa waktu lalu.

Harga ini hanya berlaku selama masa pameran. Pengunjung yang berminat bisa langsung mengunjungi booth NIU di Hall C JIExpo Kemayoran.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/27/091200115/beli-motor-listrik-bisa-pilih-baterai-tanam-atau-tanpa-baterai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke