Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Fenomena Serbuan Motor Listrik China ke Indonesia | PO Efisiensi Tambah Lagi Bus Baru dengan Livery Segar

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang diselenggarakan pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, merupakan salah satu ajang pameran terbesar kendaraan listrik di Indonesia.

Lewat pameran ini, berbagai produk kendaraan listrik unggulan meluncur. Meski kebanyakan masih berasal dari China, lalu di-rebranding menjadi merek lokal.

Fenomena ini begitu terasa dari berbagai motor listrik yang sporadis meluncur di Indonesia, umumnya punya kesamaan, mulai desain, teknologi, atau asal pabrik yang serupa.

Selan itu, PO Efisiensi sepertinya sedang merombak armadanya. Belum lama ini, PO asal Kebumen, Jawa Tengah tersebut kembali mengambil bus baru dari Karoseri Adiputro, Malang. Bus yang keluar ada dua unit dengan bodi bergaya klasik, yakni single glass.

Walaupun begitu, tampilan eksterior yang dipilih PO Efisiensi berbeda dari sebelumnya, punya livery yang lebih dinamis. Bodi Jetbus 3+ MHD Single Glass dengan pajang 12 meter tersebut dikelir dengan warna kuning.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 26 Juni 2022 :

1. Fenomena Serbuan Motor Listrik China ke Indonesia

Semisal merek Davigo yang mengenalkan motor listrik bergaya klasik, Davigo Forza. Sementara itu, Mobil Anak Bangsa (MAB) turut meluncurkan sub brand motor listrik bernama Electro, dengan modelnya Electro EL02.

Menariknya, desain antara Davigo Forza dan Electro EL02 terlihat identik. Keduanya memiliki desain retro klasik yang mirip Vespa Primavera dengan dimensi lebih mungil.

Ketika ditanya mengenai kemiripan ini, Glora Slucky salah satu pendiri dan Kepala Pemasaran PT Davigo Artha Luas mengatakan, meski mirip tapi keduanya berbeda, yang mana perbedaannya yaitu di vendor asal.


2. PO Efisiensi Tambah Lagi Bus Baru dengan Livery Segar

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk bagian kabin, sebenarnya sama dengan bus PO Efisiensi yang keluar lebih dahulu, kelir kuning dan biru.


"Sama dengan yang sebelumnya, beda jurusan saja," kata Yohan kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022).

3. Sepeda Listrik Tak Boleh di Jalan Raya, Davigo Pasrah

Davigo, pemain baru sepeda motor listrik di Indonesia ikut meramaikan ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, dengan memajang motor dan sepeda listrik.

Merek yang sedang meniti karier di kerasnya pasar roda dua Tanah Air ini mesti disuguhi rintangan baru, yaitu larangan penggunaan sepeda listrik di jalan raya karena dianggap berisiko tinggi.

Larangan ini pertama kali dilakukan oleh Polrestabes Makassar dan mulai diikuti wilayah lain, salah satunya Satlantas Polres Kapuas, Kalimantan Tengah. Sehingga tak menutup kemungkinan merembet ke wilayah lain.

4. Waspada Macet, Ada 11 Titik Perbaikan Jalan di Tol Jagorawi

Ada tiga jenis pekerjaan jalan yang dilakukan, meliputi pemeliharaan periodik atau SFO, rekonstruksi perkerasan jalan, dan perbaikan jembatan. Jika ditotal, ada 11 titik pekerjaan jalan, yaitu empat ke arah Ciawi dan enam ke arah Jakarta, serta satu lagi perbaikan Jembatan Overpass Gunung Putri.

Selama pekerjaan berlangsung, tentu lajur tersebut tidak bisa dilewati. Maka dari itu, para pengguna jalan baik yang ke arah Jakarta maupun Ciawi harus siap-siap karena jalanan berpotensi tersendat sampai macet karena penumpukan kendaraan.

5. Mazda 2 Sedan Resmi Meluncur, Dijual Mulai Rp 338 Juta

PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) resmi meluncurkan model terbaru Mazda2 kepada masyarakat Indonesia, yaitu New Mazda2 Sedan di diler Mazda Simprug, Jakarta Selatan, Selasa (26/7/2022).

“Tentu menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami, dapat memperkenalkan generasi terbaru dari Mazda 2 Sedan dan Mazda CX-8 kepada publik di Indonesia. Dua karya seni terbaik dari Mazda, karena tidak hanya menawarkan kecanggihan tapi juga menghadirkan desain yang estetis.” Ucap Ricky Thio selaku Managing Director PT EMI. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/27/060200115/-populer-otomotif-fenomena-serbuan-motor-listrik-china-ke-indonesia-po

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke