Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Metropod Buatan MAB Siap Dijadikan Kendaraan Tanpa Awak

JAKARTA, KOMPAS.com - Metropod merupakan prototipe kendaraan listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) untuk dijadikan kendaraan feeder dari tempat tinggal ke terminal bus atau stasiun kereta.

Metropod ini juga punya model yang cukup unik, desainnya simpel, menggambarkan mobil listrik masa depan. Bisa dilihat di bagian depan, cuma ada lampu depan dan sein, model bumpernya juga tidak neko-neko.

Kalau dilihat ke bagian belakang, desainnya hampir mirip dengan depan, bahkan bumpernya serupa. Bedanya ada di model lampu kombinasi rem, sein dan mundur.

Bahkan tampak sampingnya juga mirip antara sisi depan dan belakang. Bentuk seperti ini mengingatkan redaksi pada Navya Arma, kendaraan otonom atau tanpa awak yang dites di QBig BSD oleh Sinarmas.

Secara bentuk, Navya Arma juga punya desain muka dan belakang yang serupa. Bedanya ada pada lampu yang menyala, merah untuk di belakang (rem) dan putih di depan.

Lalu, apakah Prototipe Metropod ini juga bisa dibuat jadi kendaraan listrik otonom atau tanpa pengemudi?

B. Prabowo Kartoleksono, Head of Business Development, Sales & After Sales Service PT MAB mengatakan, Metropod siap dijadikan basis kendaraan listrik tanpa awak.

"Kita bikin ini (Metropod) siap untuk dijadikan autonomous vehicle level 4. Konstruksinya sudah siap, basenya sudah cukup," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Untuk membuat kendaraan jadi otonom, memang tidak mudah, perlu adanya tambahan radar atau sensor. Sebut saja untuk Navya Arma yang ada di BSD, sekujur bodinya dipasang delapan sensor.

Tangkapan sensor tadi pun ditampilkan pada layar yang bisa diakses oleh operator. Jadi kendali kendaraan bisa dipantau lewat alat tersebut.

Melihat bentuknya yang unik, bisa saja prototipe Metropod yang selanjutnya bakal dibekali dengan sistem autonomous. Jadi Indonesia bisa memproduksi kendaraan kompak dengan sistem tanpa awak tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/23/150200915/metropod-buatan-mab-siap-dijadikan-kendaraan-tanpa-awak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke