Salin Artikel

Ini Pentingnya Ritual Mematikan Mesin Mobil saat Isi BBM

JAKARTA, KOMPAS.com - Mematikan mesin mobil saat melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) penting untuk dilakukan.

Hal ini menjadi ritual wajib untuk menjaga keamanan dan mengantisipasi terjadinya kebakaran pada kendaraan.

Baru-baru ini di Lamongan, Jawa Timur, satu unit mobil pikap terbakar usai mengisi BBM pada hari Selasa (19/7/2022). Diketahui, mobil berada dalam kondisi menyala saat kejadian tersebut.

Pemicu kebakaran tersebut diduga karena adanya hubungan arus pendek pada aki, yang akhirnya memicu kebakaran. 

Imbauan mematikan mesin mobil saat melakukan pengisian BBM selalu ditemui di tiap SPBU, sayangnya masih banyak pengendara yang tidak mengindahkan hal tersebut.

Kepala SPBU Pertamina Cikini Paimin menjelaskan, mematikan mesin saat isi BBM wajib dilakukan untuk mencegah kebakaran jika uap bensin terpapar panas mesin.

"Ini karena pada saat proses pengisian ke tangki kendaraan adanya uap yang keluar dari tangki sehingga sangat berbahaya terjadinya segitiga api atau panas yang cukup dari mesin, udara, oksigen, dan bahan bakar," ucap Paimin, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi juga mengatakan, mesin yang menyala saat pengisian BBM berarti semua sistem kelistrikan pada mobil dalam keadaan aktif, hal ini dapat memicu terjadinya listrik statis dan percikan api.

Pemicu kebakaran saat mengisi bensin, lanjut Didi, dapat berasal dari mana saja. Oleh karena itu ada imbauan untuk mematikan mesin mobil saat sedang melakukan pengisian BBM di SPBU.

"Terjadinya listrik statis itu bisa dari mana saja, ditambah dengan adanya kebocoran kabel, atau bunga api dari knalpot, itu semua bisa memicu kebakaran," ucap Didi.

Jadi meskipun pabrikan mobil memang sudah merancang mobil agar aman saat pengisian BBM, pemilik kendaraan tetap tak boleh lengah dan selalu melakukan cara-cara untuk mengurangi risiko kebakaran.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/21/172200215/ini-pentingnya-ritual-mematikan-mesin-mobil-saat-isi-bbm

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.