Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Karburator Brebet, Bisa Jadi Karet Ini Masalahnya

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski tak lagi diproduksi, namun sepeda motor dengan karburator masih ada peminatnya.

Perawatan motor karburator terbilang gampang-gampang susah. Paling sering terjadi bau bensin menyengat dan mesin yang sulit langsam.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Setyabudi Semarang Hari Santoso mengatakan, masalah setelan karburator tak langsam dan karet vakum bocor berakibat pada tarikan terasa yang tak bertenaga alias "ngempos". 

"Karet vakum yang sudah keras atau getas bisa menyebabkan stationer idle mesin naik turun. Bensin lebih boros dan tarikan mesin juga berat," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Hari menjelaskan, jika diperhatikanpengaruh bocornya karet vakum karburator sudah bisa dirasakan dari mesin motor yang akan mati dan brebet ketika di gas.

Caranya dengan mengecek apakah karet vakum sobek atau tidak. Jika dipastikan sudah bermasalah, dalam keadaan darurat masih bisa di tambal. 

"Kalau kondisi darurat, plester dapat menambal bagian karet yang sobek untuk menjaga vakum. Karbu bisa kembali berfungsi normal,” ucapnya. 

Selain menggunakan plester, bisa juga pakai selotip. Paling penting, bahannya lentur dan bisa nempel pada kop karburator.

Untuk pemasangannya disesuaikan dari dimensi bagian yang robek agar tak menganggu bukaan vakum.

Hal senada juga diungkapkan Pemilik Bengkel Malam Shokibul, yang menjelaskan agar pemilik motor tak asal membersihkan karet vakum karburator dengan cairan cleaner dan kompresor karena memperpendek usia pakai komponen tersebut. 

"Kalau membersihkan komponen karburator seperti karbu skep, yang penting karet vakum sudah di copot," kata Shokib. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/18/123100615/motor-karburator-brebet-bisa-jadi-karet-ini-masalahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke