Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Nyata Berkendara Tepat di Belakang Truk yang Gagal Nanjak

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan maut yang melibatkan kendaraan besar kembali terjadi. Kali ini menimpa truk yang menabrak sepeda motor di Desa Gendongwangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Rabu (13/7/2022).

Kejadian bermula saat truk hendak melewati jalan yang menanjak dan menikung di lokasi kejadian. Pada saat yang bersamaan, melintas sepeda motor Honda Beat tepat berada di belakang truk.

Truk tersebut kemudian tak kuat menanjak, hingga kemudian mundur. Alhasil, pemotor yang berada tepat di belakang truk itu kemudian tertabrak, hingga menyebabkan kedua penumpang sepeda motor itu meninggal dunia.

“Pengemudi tidak mampu menguasai kemudi hingga membuat truk mundur. Kedua korban (penumpang sepeda motor) mengalami luka benturan pada kepala dan meninggal dunia di TKP,” ucap Kanit Laka Satlantas Polres Malang, Iptu Sukarno, dikutip dari Kompas.com, Kamis (14/7/2022).

Berkaca dari kejadian ini, Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengingatkan, pengguna jalan untuk tidak terlalu lama berada di depan maupun di belakang kendaraan besar seperti truk atau bus.

“Jika penting atau dalam kondisi aman tentunya diperbolehkan mendahului kendaraan itu jika kita sedang di belakang. Atau paling tidak, jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar,” ucap Jusri.

Menurut Jusri, kendaraan besar seperti itu rawan mengalami masalah, seperti gagal menanjak, apabila tidak kuat akan turun lagi atau bahkan rem blong.

Selain itu, pengemudi kendaraan besar seperti truk dan bus juga punya masalah dengan blind spot. Terkadang pengemudinya tidak dapat melihat dan sadar jika ada kendaraan lain di sekitar.

“Jadi usahakan jangan terlalu lama berada di dekat-dekat kendaraan besar,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/14/180100415/bahaya-nyata-berkendara-tepat-di-belakang-truk-yang-gagal-nanjak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke