Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sering Pakai Pertalite, Mobil Bisa Kehilangan Garansi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan jenis Pertalite dan Solar kini mulai dibatasi. Hal tersebut dalam upaya menekan potensi penyaluran subsidi yang tidak tepat sasaran.

Lagipula, sebagaimana dikatakan After Sales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, tidak semua mobil saat ini yang masih cocok menggunakan BBM dengan RON di bawah 90 seperti Pertalite.

Namun diakui masih cukup banyak penggua yang memaksanya sehingga membuat kinerja mesin dan yang berkaitan, tidak optimal.

"Setiap kendaraan masing-masing memiliki spesifikasi untuk memberikan performa yang optimal. Teknologi di mesinnya itu mengharapkan kadar cetane atau kompresi tertentu, agar titik optimum performa didapatkan," katanya saat ditemui, Kamis (7/6/2022).

"Kalau menggunakan bahan bakar tidak sesuai, akan ada risiko untuk konsumen yaitu performa tidak optimal, tenaga berkurang, dan mungkin saringan berkerja lebih keras sehingga bakal lebih sering ganti," lanjut Imansyah.

Selain itu, perilaku tersebut juga bisa membuat garansi kendaraan yang berkaitan dengan dampak dari pengisian BBM akan hilang.

Maka pada akhirnya risiko atas penggunaan BBM tak sesuai spesifikasi atau rekomendasi pabrikan ditanggung sepenuhnya oleh pengguna.

"Kita terus edukasi agar menggunakan BBM sesuai dengan kebutuhan kendaraannya. Tapi kalau terpaksa atau ada alasan tertentu silahkan saja (memakai Pertalite atau lainnya yang tak sesuai)," ucap Imansyah.

"Namun konsekuensinya berkaitan dengan warranty yang berkaitan dengan efek penggunaan bahan bakar. Tidak gugur secara keseluruhan, tapi jadi pertimbangan," tambahnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/08/154100315/sering-pakai-pertalite-mobil-bisa-kehilangan-garansi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke