Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar Mobil, Jangan Pernah Mengabaikan Pendalaman Teori

JAKARTA, KOMPAS.com - Belajar mengemudikan mobil tidak hanya sebatas pada praktik saja. Jangan pernah melupakan pembelajaran teori yang perlu dipahami untuk menambah pengetahuan pengemudi terkait operasional mobil dan aturan berkendara di jalan raya.

Untuk mendapatkan bimbingan latihan yang baik, pengemudi baiknya belajar mobil di instansi kursus mengemudi yang terpercaya. Dengan berlatih di instansi, ada instruktur berpengalaman yang mendampingi, mobil operasional khusus latihan, dan pembekalan teori.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, sebelum praktik mengemudi di jalan, peserta wajib mengikuti kelas teori terlebih dahulu.

Pada kelas teori, yang dibahas adalah persiapan fisik dan psikis pengemudi, teknik pemeriksaan kendaraan, persiapan sebelum mengemudi, dan teknik mengemudikan kendaraan yang benar.

"Jadi ketika tahap praktik, peserta juga melakukan apa yang sudah dipelajari melalui kelas teori. Dengan begitu, peserta akan mengetahui cara berkendara yang baik," ucap Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian saat belajar mobil, Marcell menyarankan pemula untuk melakukannya secara berturut-turut, bukan selang seling.

"Sebaiknya dilakukan secara berturut-turut, tidak selang seling. Hal tersebut dikarenakan materi yang sebelumnya masih segar sehingga tidak ada penurunan penyerapan materi yang terlalu besar," ucap Marcell.

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan bahwa pemula cenderung tidak teredukasi membaca rambu-rambu.

Rambu-rambu sendiri menjadi salah satu pembelajaran teori yang harus dipahami oleh pengemudi saat belajar mobil. Sony mengatakan, apa yang harus dilakukan untuk menghindari atau mengantisipasi bahaya di jalan raya ditandakan melalui rambu-rambu lalu lintas.

"Kalau kita lihat kecelakaan, banyak sekali itu akibat dari pelanggaran lalu lintas," ucap Sony.

Sony menekankan, bahwa saat belajar mengemudikan mobil, yang dipelajari tidak hanya sebatas operasional kendaraan saja, tapi juga pemahaman akan aturan seperti rambu-rambu lalu lintas.

"Jadi, belajar tidak hanya operasional, tapi lihat rambu-rambunya. Apa yang harus dilakukan untuk menghindari bahaya, itu rambu-rambunya sudah menandakan," ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/08/114200515/belajar-mobil-jangan-pernah-mengabaikan-pendalaman-teori

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke