Salin Artikel

Toyota Berencana Hadirkan Varian GR-S ke Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Gazoo Racing merupakan divisi balap motorsport global Toyota yang bertugas untuk meningkatkan performa mobil.

Divisi ini juga kerap berlaga di berbagai ajang balap dunia, termasuk World Rally Championship (WRC), World Endurance Championship (WEC), Dakar Rally, hingga Le Mans 24 Jam.

Dari beberapa partisipasinya di balap dunia, Toyota Gazoo Racing membuat salah satu kreasi terbaik, yakni GR Yaris. Hot hatch ini terlahir langsung dari pengalaman Toyota di dunia motorsport.

Tak berhenti di situ, Toyota juga menyediakan varian GR Sport pada mobil-mobil reguler. Pada tahun lalu, jajaran produk yang dirilis pertama adalah Raize GR Sport.

Lalu diikuti oleh varian GR Sport lainnya yang meluncur dalam waktu bersamaan, mulai dari Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan Veloz GR Limited.

“Ke depan kami juga akan ada GR-S. GR-S itu artinya tidak hanya kosmetik, tapi ada tambahan modifikasi. Apakah di mesin, transmisi, atau suspensi,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor saat ditemui di Sirkuit Sentul, belum lama ini.


“Nah itu mengisi konsumen-konsumen yang ingin juga, tapi mereka enggak perlu yang hardcore racing car. Jadi lebih affordable, tapi tetap ada performanya,” kata dia.

Menurut Anton, varian GR-S nantinya bakal berada di antara mobil GR murni (GR Yaris, GR Supra, dan GR 86) dan varian GR Sport.

“Kemudian, yang kami kembangkan satu lagi GR aftermarket-nya. Yang tadi untuk mendukung kultur balap, jadi ada empat tipe,” ucap dia.

Sebagai informasi, Toyota Vios GR-S yang hadir di Malaysia, tidak hanya dapat body kit yang lebih sporty, tapi juga transmisi CVT 10-percepatan.

Pada varian ini, Toyota telah memprogram girboks CVT Vios agar memiliki 10 rasio virtual dalam mode manualnya via paddle shift. Hal ini berarti tiga percepatan ekstra, dibanding tujuh percepatan mode manual pada Vios standar.

Toyota mengklaim konfigurasi 10 percepatan pada Vios akan meningkatkan respons mesin 1.5L NR Dual VVT-i. Walaupun secara output tenaga tetap sama, yakni 107 tk dan torsi 140 Nm.

Kemudian, Vios GR-S sudah mendapatkan suspensi sports untuk meningkatkan handling dalam kecepatan tinggi.

Tambahan lain ialah pelek multi palang warna hitam ukuran 17 inci, dibungkus ban 205/45 R17. Lingkar roda ini jadi ukuran terbesar yang pernah dipasang Vios standar pabrikan.

Untuk mengimbangi performa yang meningkat, eksterior juga dikemas jauh lebih agresif. Vios GR-S ini telah diberi aerokit khas yang digawangi bumper horizontal ala GR Yaris, serta bumper belakang yang dilengkapi diffuser.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/06/084200315/toyota-berencana-hadirkan-varian-gr-s-ke-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.