Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenalan Sama Ducati V21L, Motor Listrik Buat Balap MotoE

JAKARTA, KOMPAS.com – Tampil pertama kali pada Desember 2021, Ducati kini mengungkap lebih detail motor balap listrik yang sengaja disiapkan buat ajang FIM MotoE, Ducati V21L. Saat ini Ducati jadi satu-satunya pabrikan penyedia e-bikes pada kompetisi MotoE.

Dilansir dari Paultan (4/7/2022), V21L dibangun berdasarkan pengalaman Ducati dalam balap motor di level teratas, MotoGP dan World Superbikes, dalam kolaborasi teknis antara berbagai departemen Ducati di Borgo Panigale.

Ducati R&D menangani manajemen proyek, bersama dengan desain dan simulasi pada powertrain listrik. Sedangkan desain V21L dilakukan oleh Centro Stile Ducati, yang juga bertanggung jawab atas livery balap.

Sedangkan untuk divisi balap, Ducati Corse, mengatur desain suku cadang elektronik, kontrol dan strategi perangkat lunak, simulasi dinamika berkendara dan aerodinamika sepeda motor.

Adapun tanggung jawab akhir untuk perakitan sepeda, pengujian dan akuisisi data secara alami berada di bawah departemen balap Ducati, dengan pengujian motor yang dilakukan oleh pebalap Michele Pirro, Alex De Angelis dan Chaz Davies.

V21L memiliki bobot 225 kg, yang sebenarnya masih kurang 12 kg dari persyaratan minimum yang diberlakukan oleh Dorna dan FIM untuk e-bike MotoE.

Ditambah dengan angka tenaga dan torsi maksimum masing-masing 150 tk dan 140 Nm, V21L mampu mencapai kecepatan 275 kpj selama pengujian di Mugello, Italia.

Motor listrik ini mengusung paket baterai yang terdiri dari 1.152 sel '21700', berat 110 kg dan memiliki kapasitas 18 kWh dengan soket pengisi daya 20 kW yang terintegrasi ke ekor V21L.

Sementara itu, terdapat inverter 5 kg yang berasal dari unit yang digunakan dalam balap kendaraan listrik, sedangkan motor listriknya sendiri memiliki berat 21 kg dan memiliki kecepatan putaran maksimum 18.000 rpm.

Adapun soal waktu pengisian daya, motor listrik ini butuh waktu sekitar 45 menit untuk mengisi ulang hingga kapasitas 80 persen.

Beralih ke bagian kaki-kaki, motor ini dilengkapi suspensi Ohlins NPX 25/30 upside down berdiameter 43 mm, sedangkan bagian belakang ditopang dengan peredam kejut Ohlins TTX36 yang sudah adjustable.

Sistem pengereman dipasok oleh Brembo dan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Ducati MotoE, dengan cakram baja ganda berdiameter 338,5 mm di roda depan, dan rem belakang dengan cakram tunggal berukuran 220 mm.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/05/100200015/kenalan-sama-ducati-v21l-motor-listrik-buat-balap-motoe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke