Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Verstappen Bermasalah, Sergio Perez Raih Podium 2 di GP Inggris

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Red Bull Racing F1 Sergio Perez berhasil finis di posisi kedua pada GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (3/7/2022).

Perez finis di belakang Carlos Sainz dari Ferrari yang tampil apik sejak sesi kualifikasi. Sedangkan podium ketiga diisi pebalap tuan rumah, Lewis Hamilton dari Mercedes Benz.

Sayangnya rekan setim Perez yakni Max Verstappen hanya mampu finis di posisi ketujuh karena mengalami masalah pada mobil RB18.

Sebenarnya, Perez juga sempat mengalami masalah pada mobilnya saat sedang bertarung dengan Charles Leclerc di awal balapan.

Bagian sayap depan mobil Perez rusak usai bersenggolan, membuatnya harus masuk pit dan turun sampai posisi terakhir.

Namun strategi yang dipilih serta adanya safety car di 10 lap terakhir membuat Perez bisa merebut podium. Bahkan sempat terjadi perebutan posisi podium yang seru antara Perez, Hamilton, dan Leclerc.

Posisi kedua yang diperoleh Perez memberikan poin cukup besar untuk bersaing di titel Juara Dunia F1 2022 dengan Verstappen yang saat ini masih memegang pucuk klasemen.

Keduanya terpaut 34 poin saat ini, sedangkan Tim Red Bull Racing F1 masih memimpin dengan 328 poin, terpaut 63 poin dari Tim Ferrari.

Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) mengatakan bahwa kedua pebalap memiliki potensi untuk kembali raih podium ganda di Sirkuit Silverstone.

Namun insiden tak bisa dihindari melihat persaingan yang kian tinggi di pertengahan musim, dan insiden menimpa Zhou Guanyu di tikungan pertama selepas start menunjukkan begitu bahayanya balapan ini.

"Apreasiasi bagi kedua pembalap yang terus berupaya memberikan hasil maksimal bagi tim, dan saat ini Verstappen dan Perez berada di posisi 1 dan 2 klasemen Juara Dunia F1 2022 untuk memperebutkan titel juara dunia musim 2022,” ujar Sri Adinegara dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (4/7/2022).

“Hasil balapan yang bagus buat saya dan tim meski awali pekan balapan cukup berantakan. Secara fisik saya tak 100 persen sehat, dan setelah lap pertama sempat tertinggal, namun bisa podium kedua merupakan hasil luar biasa,” ucap Perez.

Perez menceritakan bahwa saat balapan sempat mengalami insiden kecil karena menyenggol mobil Charles Leclerc. Hal tersebut mengakibatkan sayap bagian depan patah, dan harus segera melakukan perbaikan.

“Kita harus bersaing untuk bisa memperbaiki posisi, dan sangat senang meraih hasilnya,” ujar Perez.

Persaingan di Sirkuit Silverstone kali ini sangat ketat, Perez mengakui bahwa semua berusaha keras untuk saling mendahului.

“Detak jantung saya sangat tinggi pada lap terakhir, ini merupakan balapan yang paling penting, dan saya tidak menyerah,” jelas pembalap asal Meksiko ini.

Sementara itu Max Verstappen yang finis posisi tujuh mengakui sudah cukup puas dengan poin yang diperoleh serta melihat Perez di podium.

“Tentunya saya berharap lebih di balapan ini, tapi kurang beruntung. Sempat melihat bagian bahwa mobil saat bendera merah, namun seluruh bagian bawah di sisi kiri rusak,” kata Verstappen.

“Sepertinya pecahan serat karbon, dan ban mobil seperti bocor karena kehilangan keseimbangan dan oversteer. Hal ini membuat mobil sulit dikendarai, dan saya mencoba menemukan keseimbangan aero yang baik tetapi sulit,” kata dia.

Puncak klasemen Juara Dunia F1 2022 saat ini, Max Verstappen memiliki 181 poin, dan posisi kedua ada Sergio Perez dengan 147 poin. Keduanya masih terbuka untuk saling memperebutkan titel Juara Dunia F1 2022.

Sri Adinegara menyatakan bahwa seri balapan berikutnya akan digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 10 Juli mendatang.

“Kami berharap balapan selanjutnya pembalap dan tim dapat bekerjasama mendapatkan hasil yang terbaik. Tentunya kembali meraih podium ganda akan menjadi hasil yang membanggakan bagi Mobil™ Lubricants yang turut mendukung performa RB18 sepanjang musim Formula 1,” ucap Sri Adinegara.

Dirinya juga menyampaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh Tim Red Bull Racing F1 juga tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1™ dan Mobil Super™ yang tersedia di bengkel-bengkel kesayangan Anda.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/04/132543015/mobil-verstappen-bermasalah-sergio-perez-raih-podium-2-di-gp-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke