Salin Artikel

Mengulik Kecanggihan Fitur Hyundai Ioniq 5

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 banyak membuat orang penasaran karena tampilan luarnya yang eksentrik. Sedangkan pada kabinnya, mobil listirk ini juga menawarkan ruang gerak yang maksimal bagi penggunanya.

Dari segi performa, Ioniq 5 juga sangat bertenaga dan kemampuan akselerasi yang tinggi. Meski demikian, penggunaan dayanya sangat irit, sehingga jauh lebih hemat dari mobil bermesin konvensional.

Mobil listrik sering kali dikaitkan dengan mobil masa depan. Untuk itu, tiap pabrikan juga berlomba-lomba menyematkan fitur canggih pada mobil tersebut.

Tak terkecuali dengan Hyundai Ioniq 5 yang sarat fitur. Mobil ramah lingkungan ini memiliki fitur yang lengkap, mulai dari sisi hiburan, hingga keamanan dan keselamatan.

Sebagai fasilitas hiburan, Hyundai membekali Ioniq 5 dengan layar sentuh TFT berukuran 12,3 inci. Untuk memanjakan telinga pengguna mobil ini, khusus tipe Signature, sudah disiapkan juga sistem audio BOSE pada delapan titik.

Kemudian, Ioniq 5 juga menyediakan banyak titik pengecasan dan beragam jenisnya. Tersedia wireless charging di konsol tengah, dua power outlet 12 V di konsol depan dan area bagasi, serta USB power outlet tersebar di empat titik di area baris depan hingga baris kedua.

Ioniq 5 memiliki banyak fitur bantuan pengemudi dengan teknologi yang disebut Hyundai SmartSense.

Fitur-fiturnya yang terintegrasi, seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind Spot View Monitor (BVM), Surround View Monitor (SVM), Driver Attention Warning (DAW), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), dan Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G).

Tak hanya itu,  fitur keamanan lainnya juga tidak absen, seperti High Beam Assist (HBA), Brake Assist System (BAS), Vehicle Stability Management (VSM), Emergency Stop Signal (ESS), Rear Occupant Alert (ROA), dan Virtual Engine Sound System (VESS).

Namun, yang paling menarik adalah fitur Vehicle-to-Load (V2L). Fitur ini memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menggunakan atau mengisi daya perangkat listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah.

Dengan demikian, mobil ini dapat berfungsi sebagai pengisi daya listrik pada saat dalam perjalanan. Bahkan, fitur V2L juga dapat digunakan untuk membantu mengisi daya baterai mobil listrik lainnya.

Sayangnya, belum ada fitur BlueLink, seperti pada Hyundai Creta. Padahal, fitur tersebut cukup canggih dan dapat membuat mobil terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi.

Dengan segala kecanggihannya, Hyundai Ioniq 5 dibanderol mulai Rp 718 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 829 juta (OTR Jakarta).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/02/140200315/mengulik-kecanggihan-fitur-hyundai-ioniq-5

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.