Salin Artikel

Setiap Jam Dua Orang Lebih Meninggal Karena Kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Raharja (Persero) Tbk mencatat, setiap jam dua orang atau lebih meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Kondisi ini menjadikan kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian terbesar, bahkan di dunia.

Data terkait, menurut hasil kajian perseroan sepanjang tahun lalu yang Tercatat jumlah korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas sebesar 25.000 korban.

Berdasarkan jenis kendaraannya, didominasi kecelakaan yang melibatkan sepeda motor sebesar 75,9 persen. Lalu diikuti truk 12,4 persen, mobil pribadi 9,2 persen, bus 1 persen, sisanya mobil umum, kapal, kereta api, dan lain-lain.

"Untuk itu Jasa Raharja sebagai BUMN yang bertugas mengelola serta melaksanakan program perlindungan dasar terhadap masyarakat pengguna alat transportasi umum," kata Dewi Aryani Suzana Direktur Operasional PT Jasa Raharja dalam keterangannya, Kamis (30/6/2022).

"Serta, lalu lintas jalan dan melakukan berbagai kegiatan kampanye pencegahan kecelakaan lalu lintas," tambahnya.

Kegiatan Kampanye Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas Nasional itu antara lain dengan mengadakan Edukasi, Sosialisasi dan Pelatihan Safety Riding bersama berbagai instansi pemerintah dan masyarakat.

Salah satu upaya untuk mengedukasi dan mensosialisasikan program ini maka Jasa Raharja menggelar Program Talkshow JR Show Safety Riding yang mengupas upaya dalam mengedukasi warga tentang keselamatan dan keamanan berkendara di jalan raya.

Selain itu, juga membahas keberhasilan pelaksanaan Program Mudik Sehat Mudik Aman Bersama BUMN 2022 yang berlangsung dari tanggal 28 April sampai 9 Mei 2022 yang terbukti efektif di mana arus mudik dan balik tahun ini berjalan lancar dan aman.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/02/070200115/setiap-jam-dua-orang-lebih-meninggal-karena-kecelakaan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.