Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rem Mendadak di Jalan Tol, Langsung Nyalakan Lampu Hazard

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan tabrakan beruntun seringkali terjadi di jalan tol dan berakibat fatal. Melakukan pengereman mendadak bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Terekam dalam unggahan milik akun Instagram @dashcamindonesia pada Jumat (1/7/2022), satu unit sedan yang rem mendadak hampir menyebabkan tabrakan beruntun.

Berdasarkan keterangan unggahan peristiwa ini terjadi di ruas Tol arah Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Km 15.

Kendaraan tersebut berada di lajur paling kanan jalan tol, di mana kendaraan melaju dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Tidak diketahui alasan pengemudi tersebut melakukan pengereman mendadak. Namun, buat pengemudi yang terpaksa melakukan perlambatan kecepatan secara tiba-tiba, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengisyaratkan pengemudi lain, yaitu dengan menyalakan lampu hazard.

Penggunaan lampu hazard tidak dijelaskan secara detail pada Undang-Undang, namun lampu ini cukup untuk menjadi isyarat bagi pengemudi lain bahwa ada kendaraan yang terpaksa berhenti atau melakukan perlambatan kecepatan secara tiba-tiba.

"Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan."

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan bahwa pengemudi bisa menyalakan lampu hazard jika melakukan pengereman tajam.

"Tetapi jangan lama-lama, 3 detik saja. Tujuannya supaya belakang tahu, kalau kita melakukan perlambatan tajam, yang mungkin dia enggak bisa (berhenti) misalnya di tol," ucap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Namun, Jusri mengatakan bahwa pada mobil keluaran sekarang umumnya sudah dilengkapi dengan lampu hazard yang otomatis menyala jika pengemudi melakukan rem mendadak.

"Hampir mobil-mobil baru, sedan gitu sudah begitu. Apalagi dia misalnya tiba-tiba dia tergelincir, selip, di jalan lagi lurus; lampu hazardnya hidup," ucap Jusri.

Maka dari itu, penting bagi seluruh kendaraan bermotor mengetahui makna dari lampu hazard. Sehingga saat melihat isyarat tersebut, bisa melakukan antisipasi dan terhindar dari bahaya seperti tabrakan beruntun.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/01/192100015/rem-mendadak-di-jalan-tol-langsung-nyalakan-lampu-hazard

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke