Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Bus Berjalan Tanpa Lampu Malam, Membahayakan Orang Lain

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu kendaraan merupakan komponen yang membantu menerangi jalan saat malam hari. Selain itu, lampu juga bisa menjadi alat komunikasi ke pengguna jalan lain, seperti ingin berbelok atau mengerem.

Oleh karena itu, lampu fungsinya vital bagi kendaraan. Sebelum jalan, pastikan semua komponen lampu menyala, baik depan dan belakang agar menghindari kecelakaan.

Hal yang tidak patut dicontoh bisa dilihat pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia. Pada video singkat tersebut ada bus yang berjalan di lajur kanan jalan tol namun dalam kondisi lampu belakang mati.

Terlihat lampu belakang hanya menyala saat bus mengerem, tetapi lampu malamnya mati. Begitu juga di bagian depan, hanya ada satu lampu yang menyala, ada di sisi kanan.

Menanggapi hal seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, fungsi lampu di malam hari punya fungsi sebagai pemandu dan penanda posisi untuk kendaraan lain.

"Ketika lampu tersebut tidak aktif, maka keberadaannya bisa tidak terbaca alias membahayakan. Jangan anggap remeh, ini bisa berpotensi tabrak belakang," kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (29/6/2022).

Apalagi jika dilihat posisi bus berada di lajur kanan jalan tol, di mana banyak kendaraan yang melaju kencang. Bisa saja pengemudi di belakang kaget dan terlambat mengerem sehingga terjadi tabrak belakang.

"Kendaraan tanpa lampu seperti ini di jalan tol sangat berbahaya. Pertama karena kecepatannya lebih tinggi dan kedua, lampu penerangan jalan tol rata-rata cuma ada di persimpangan jalan," ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/30/070200315/video-bus-berjalan-tanpa-lampu-malam-membahayakan-orang-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke