Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kupas Fitur Keamanan dan Kenyamanan Suzuki Ertiga Hybrid

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Ertiga Smart Hybrid resmi dijual di Indonesia pada awal Juni 2022. Diklaim langsung laris dan mendominasi penjualan Ertiga sepanjang bulan ini, yaitu 1.842 unit.

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan, jumlah SPK itu terkumpul dari 10-20 Juni 2022.

"Tercatat bahwa 70 persen dari penjualan Ertiga, yaitu Ertiga Hybrid, atau tepatnya sekitar 72 persen," tutur Donny belum lama ini.

Keberhasilan Ertiga hybrid tentunya berkat sejumlah keunggulan yang ditawarkan, termasuk beragam fitur keamanan dan kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang.

Berikut fitur keamanan dan kenyamanan yang ada di Ertiga hybrid:

• Fitur keselamatan saat berkendara:

Cruise Control

Fitur ini merupakan fitur yang membuat kendaraan dapat berjalan dengan kecepatan tertentu tanpa harus menginjak pedal gas.

Fitur ini disematkan di All New Ertiga Hybrid untuk memberikan kemudahan bagi pengendara bila ingin berada pada kecepatan tertentu dan bahan bakar mobil lebih irit karena posisi gas yang stabil.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah, pengendara harus memastikan tombol cruise yang ada pada stir sudah aktif. Kemudian fitur Cruise Control bisa berfungsi pada kecepatan lebih dari 43 Km/jam pada transmisi otomatis dan pada transmisi manual akan aktif pada posisi gigi 3 sampai 5.

Apabila Cruise Control tidak aktif namun mesin masih hidup, cukup tekan Res+ maka fungsi Cruise Control aktif kembali. Pada fitur ini, apabila ingin menambah kecepatan cukup tekan Res+ dan jika ingin mengurangi kecepatan tekan Set-.

Cara penggunaan fitur ini adalah injak pedal gas guna mengakselerasi kecepatan, kemudian lepas pedal gas maka kecepatan akan kembali pada kecepatan yang sudah di set sebelumnya. Untuk me-non aktifkan fitur ini, tekan cancel atau dengan injak pedal rem.

Gear Shift Indicator

Fitur ini disematkan untuk memberikan indikasi posisi gigi yang paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar All New Ertiga Hybrid. Cara membacanya pun cukup mudah, yaitu apabila lampu panah ke atas menyala putih maka disarankan posisi gigi dipindahkan ke satu gigi di atasnya.

Kemudian apabila lampu panah tidak menyala putih, maka posisi gigi saat ini adalah posisi yang tepat paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar. Terakhir, apabila lampu panah ke bawah menyala putih, maka disarankan posisi gigi dipindahkan satu gigi di bawahnya.

Guide Me Light

All New Ertiga Hybrid dilengkapi dengan fitur Guide Me Light yang berguna untuk memandu pemilik kendaraan saat akan masuk atau keluar mobil di tempat yang minim cahaya atau gelap.

Cahaya yang digunakan adalah berasal dari pancaran sinar lampu utama mobil. Pengendara yang sedang mencari atau menuju kendaraan (to car), harus memastikan tuas lampu utama pada posisi auto.

Kemudian saat akan masuk mobil, buka pintu mobil dengan remote maka lampu utama akan tetap menyala selama 10 sampai 30 detik dan setelah itu akan mati secara otomatis.

Sedangkan pengendara yang akan meninggalkan kendaraan (to home), harus memastikan tuas lampu utama pada posisi auto dan tuas kanan digerakkan 1x seperti akan memberikan lampu dim.

Kemudian saat keluar mobil, kunci pintu mobil dengan remote dan lampu utama akan tetap menyala selama 10 sampai 30 detik dan setelah itu akan mati secara otomatis.

Electronic Stability Programme (GX)

Fitur ini merupakan teknologi yang memadukan antara pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan yang licin dan berbelok, mencegah over steer dan under steer.

Maka dari itu All New Ertiga Hybrid akan menjadi lebih aman karena dilengkapi dengan ESP yang memberikan kestabilan saat melewati jalanan yang licin dan berbelok.

Hill Hold Control (GX-AT)

All New Ertiga menjadi lebih aman saat digunakan untuk melewati jalanan yang menanjak karena dilengkapi dengan Hill Hold Control.

Fitur ini berguna untuk mengaktifkan rem secara otomatis dan menahan sementara selama 3 detik saat akan melaju di jalan yang menanjak, sehingga mobil tidak bergerak mundur.

Auto Retractable Outside Mirror

Fitur Auto Retractable Outside Mirror hadir untuk All New Ertiga Hybrid GX maupun SS. Membuat mobil lebih praktis, karena spion akan terlipat otomatis saat pengendara mengunci pintu dan spion otomatis terbuka saat pengendara menyalakan mesin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/29/175315015/kupas-fitur-keamanan-dan-kenyamanan-suzuki-ertiga-hybrid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke