Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya, Jangan Mengganti Minyak Rem Sembarangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu langkah dalam menjaga performa kendaraan, yaitu dengan melakukan perawatan sistem pengereman, termasuk mengganti minyak rem secara berkala.

Ternyata dalam melakukan penggantian minyak rem tidak boleh asal, melainkan harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Jadi, setiap mobil memiliki kecocokan berbeda-beda.

Cara mengetahui minyak rem mana yang cocok dengan kendaraan juga sangat mudah, biasanya kode spesifikasi tertera di tutup minyak rem.

Untuk spesifikasi minyak rem sendiri ditentukan oleh suatu badan di Amerika, yaitu Department of Transportation (DOT); DOT3, DOT4 dan DOT5. Dari masing-masing spesifikasi, yang membedakan adalah bahan dan ketahanannya terhadap panas.

Semakin besar angka DOT semakin tinggi titik didihnya. Sehingga, dalam pemakaiannya pun perlu disesuaikan.

Pemilik Everest Motor spesialis Nissan & Datsun, Eko Setiawan mengatakan dalam penggantian minyak rem harus sesuai spesifikasi karena hal itu berpengaruh pada ketahanan komponen rem terhadap bahan.

“Penggantian minyak rem memang harus sesuai spesifikasinya, itu lebih aman, karena kita tidak tahu secara pasti apa bahan dari masing-masing minyak rem tersebut. Dari pengalaman sih, banyak komponen rem rusak, khususnya seal yang terbuat dari karet setelah melakukan penggantian minyak rem yang tidak sesuai,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Menurut Eko, kerusakan karet seal di dalam master rem ada hubungannya dengan bahan dari minyak rem yang digunakan.

“Jangan coba-coba, ini kan demi keselamatan,” ucap Eko.

Dia menjelaskan, tujuan dari adanya kode spesifikasi tersebut tentu bukan tanpa alasan, itu pasti sudah diperhitungkan oleh pabrikan. Untuk hal-hal yang sifatnya keselamatan seperti rem, sebaiknya lebih teliti dan berhati-hati.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/29/141200815/bahaya-jangan-mengganti-minyak-rem-sembarangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke