Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajib Tahu, Ini 3 Manfaat Coating pada Kendaraan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Merawat mobil kesayangan memang gampang-gampang susah, terlebih lagi menjaga warna cat agar selalu tampak cerah dan mengkilap.

Dengan adanya teknologi coating, kini merawat cat mobil menjadi lebih mudah dan aman. Pasalnya, coating sendiri diklaim mampu melindungi cat mobil dari bahaya cuaca, goresan hingga noda.

Setiap mobil yang keluar dari diler, biasanya memang sudah terlihat mulus dan mengkilap, karena kendaraan tersebut sudah dilapisi pernis. Meski mengkilap, sebenarnya tekstur permukaan cat masih terasa kasar. Itu menandakan ada pori-pori di cat kendaraan tersebut.

Nah, dengan menerapkan coating maka pori-pori tersebut dapat terisi sehingga cat kendaraan menjadi lebih terlindungi dan terlihat mengkilap sempurna.

Pemilik King Protection Ari Wijaya mengatakan, coating dengan pernis itu berbeda walau sama-sama mengkilap. Bedanya kalau coating bisa menjaga cat kendaraan tidak kusam walau terkena terik matahari dan hujan secara berkepanjangan.

“Mobil yang sudah di-coating, yang sudah-sudah itu tahan cuaca, artinya cat tidak menjadi kusam. Ini fungsi coating terhadap cat kendaraan yaitu melindungi. Selain itu, coating juga membuat cat mobil mudah dibersihkan dari noda membandel seperti getah, ranting pohon dan lain sebagainya,” ucap Ari kepada Kompas.com Minggu (26/6/2022)

Ari juga menjelaskan, kalau cat biasa terkena noda, seperti getah pohon, kotoran burung, itu akan menyisakan flek di cat. Bekas noda itu tidak bisa dihilangkan hanya dengan mencucinya. Hal ini bisa terjadi karena kotoran bisa menembus pori-pori cat kendaraan yang tidak dilengkapi dengan coating.

“Mobil yang sudah ter-coating kilaunya lain dengan mobil yang tidak. Jika mobil lama yang sudah ter-coating disandingkan dengan mobil baru dari diler, kilaunya tetap menang mobil yang ter-coating,” ucap Ari.

Sehingga, mobil yang sudah mengaplikasikan teknologi coating di kendaraan akan memiliki 3 kelebihan, yaitu, cat terlindungi sehingga tidak mudah kusam, mudah dibersihkan karena coating melapisi cat hingga ke pori-pori, dan secara estetik lebih mengkilap.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/27/111200115/wajib-tahu-ini-3-manfaat-coating-pada-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke