Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Fatal Ketika Mobil Diesel Salah Isi Bahan Bakar?

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski antara mesin diesel dan bensin memiliki jenis bahan bakar yang berbeda, tapi kadang masih ada pemilik yang salah ketika mengisi BBM di SPBU.

Kebanyakan penyebabnya sangat sepele, yakni pengemudi lupa masuk ke antrean SPBU khusus bahan bakar bensin atau sebaliknya. 

Lantas bagaimana bila sampai kejadian mobil diesel salah mengisi BBM, yang seharusnya Solar malah bensin ?

Seperti diketahui, mesin diesel sangat peka soal penggunaan bahan bakar. Apalagi jika di isi yang tak sesuai peruntukannya.

Kondisi tersebut mengakibatkan tekanan kompresi tinggi yang menyebabkan bahan bakar bensin meledak sebelum interval pembakaran. Hasilnya, mesin mengalami knocking. 

"Mesin diesel rasio kompresi pembakaran tinggi, sedangkan jenis mesin berbahan bakar bensin membutuhkan pembakaran yang cepat," ucap Agung Prastowo Kepala Bengkel Mandiri Jaya Motor (Ford Kudus), kepada Kompas.com, Jumat (24/6/2022). 

Teknisnya, menurut Agung, fungsi bahan bakar mesin diesel tak hanya menghasilkan kompresi untuk tenaga mesin, tapi kandungan oli juga melumasi injector pump. 

"Bahan bakar solar tidak sebagai bahan bakar saja tetapi juga pelumas komponen nozzle dan bospom," ujarnya. 

Jika mengalami kesalahan isi BBM, Agung menyarankan untuk tidak memaksa menyalakan mesin lantaran dapat membuat knocking tinggi dan berujung pada kerusakan parah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/25/082200115/seberapa-fatal-ketika-mobil-diesel-salah-isi-bahan-bakar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke