Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Motor Listrik Seken Bisa Susut 40 Persen, Ini Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini penggunaan kendaraan listrik sebagai transportasi pribadi di Indonesia tampak mulai diminati oleh berbagai kalangan, baik untuk roda empat maupun dua, walau masih tahap awal.

Seiring dengan transformasi ini, beberapa perusahaan pembiayaan (leasing) mulai mendorong kredit kendaraan listrik agar ditawarkan ke masyarakat dengan yang skema menarik.

Pasalnya, tanpa instrumen itu percepatan era elektrifikasi kendaraan tak dapat berjalan secara optimal. Pada akhirnya, berpengaruh ke harga jual kembali kendaraan listrik.

Demikian dikatakan Kevin Phang, Co Founder PT Smoot Motor Indonesia dan Swap Energi belum lama ini, Selasa (21/6/2022).

"Harga second kendaraan listrik baru akan terbentuk ketika semua sudah menjadi pengguna. Namun, berapa persen bisa cost down dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin," kata dia.

"Kemungkinan bisa 40 persen, atau sekitar Rp 2 juta untuk motor listrik. Hal tersebut dilihat dari maintenance dan biaya bensin," ucap Kevin, menambahkan.

Kevin menambahkan, dengan menggunakan kendaraan listrik seseorang juga turut membantu pemerintah. Pasalnya, menurut dia, pemerintah telah mengeluarkan dana yang besar untuk subsidi energi.

Dengan menggunakan kendaraan listrik, subsidi energi dapat dialihkan ke sektor yang lebih krusial, misalnya gas.

Namun, Kevin tak menampik masih ada beberapa permasalahan dari kendaraan listrik. Salah satu yang paling krusial, motor listrik masih memiliki keterbatasan jarak.

"Motor listrik mungkin sudah ada sekitar 10 tahun di Indonesia, tetapi karena ada keterbatasan jarak jadi belum populer. Kalau semua pakai nanti akan jadi habit baru," katanya.

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya telah menyediakan banyak swap poin. Saat ini terdapat lebih dari 400 swap poin di seluruh Indonesia dengan persebaran 300 swap poin di kawasan Jabodetabek.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/24/082200215/harga-motor-listrik-seken-bisa-susut-40-persen-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke