Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Ciri-ciri Timing Chain Mobil Mulai Kendur

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan timing chain pada mobil mempunyai fungsi menjaga ritme jeda pembakaran mesin agar tetap konstan. 

Pada dasarnya, komponen ini merupakan penghubung antara camshaft dengan crankshaft agar mesin bisa bekerja secara optimal. 

Tujuannya guna menciptakan sinkronisasi antara naik turunnya piston dengan naik turunnya klep intake dan exhaust.

Masalah kerap dialami bila timing chain kendur yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Hasilnya mesin mobil pincang dan performa menurun. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui ciri-ciri timing chain pembakaran mobil kendur?

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak, kerusakan pada timing chaing bisa di deteksi dari bunyi suara berisik. 

"Timing chain kendor menyebabkan bunyi berisik karena gesekan timing chain dan cover. Jika di abaikan makin molor gigi timing bisa lompat," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (23/6/2022). 

Teknisnya, performa kendaraan akan menuru lantaran bergesernya gigi chamsaft. Secara otomatis konsumsi bahan bakar jadi sangat boros. 

"Gigi camshaft ada gear-nya di gerakkan timming chain, lompat satu suara mesin kasar. Bensin boros, lompat banyak tabrakan piston dan katup bisa merusak komponen lain," tambahnya. 

Suparna melanjutkan, ciri-cirinya mudah diketahui dari bunyi suara asing di sekitar bagian depan mesin mobil. Jadi ketika mobil akselerasi bunyi berisik akan semakin keras.

"Kalau sudah parah performa mesin tidak maksimal. Pembakaran tidak sempurna tenaga loss dan boros bahan bakar," ucapnya. 

Jika ini dibiarkan bisa berbahaya bila sampai menyebabkan klep hancur karena tabrakan dengan chamsaft. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/23/143100915/begini-ciri-ciri-timing-chain-mobil-mulai-kendur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke