Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Viral, Foto Pengendara Motor Tanpa Helm Kena ETLE di Persawahan | Bukan Awet, Mobil Jarang Dipakai Justru Bikin Kantong Jebol

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa potret yang memperlihatkan pengendara motor di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah, terkena tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) karena tidak memakai helm viral di media sosial.

Foto-foto tersebut diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck pada Selasa (21/6/2022).

Pada beberapa foto yang diunggah, ada salah satu potret yang cukup menarik perhatian, yakni memperlihatkan seorang pengendara motor terkena tilang elektronik di area persawahan.

Sementara itu, bahas perawatan mobil, anggapan mobil lebih awet saat jarang dipakai, rupanya tak sepenuhnya benar.

Pasalnya, dengan posisi mobil yang hanya diam, apalagi dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat kerusakan pada beberapa komponen.

Bahkan, tak jarang komponen yang mengalami kerusakan justru yang cukup vital. Dampaknya, tentu justru malah merugikan pemilik mobil.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotig hari Rabu (22/6/2022).

1. Viral, Foto Pengendara Motor Tanpa Helm Kena ETLE di Persawahan

Banyak warganet turut mengomentari unggahan tersebut, bahkan tak sedikit dari mereka yang bertanya-tanya, mengapa penindakan tilang tersebut sampai dilakukan di jalan area persawahan.

“Yg pertama itu di jalan perkampungan kayaknya. Masih kena tilang juga?” ucap salah satu warganet.

“Cctvne sampek tekan sawah,” tulis komentar warganet lainnya.

2. Bukan Awet, Mobil Jarang Dipakai Justru Bikin Kantong Jebol

"Penyakit umum mobil jarang pakai aki tekor karena sistem pengisian kekurangan daya listrik. Mobil diam selama sebulan saja bisa gagal starter," ucap Paska Estu Wicaksono, Technical Leader Toyota Nasmoco Pemuda Semarang, kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Tak hanya soal aki, menurut Paska, mobil yang kelamaan parkir ternyata bisa menyebabkan ban mobil benjol. Karena jarang digunakan tapak alur ban habisnya tidak rata.

"Isi tekanan udara yang turun tanpa di cek serta mobil yang parkir berhari-hari dampaknya kompon karet ban keras," tambahnya.

3. Jurus agar Mobil Tidak Ditabrak dari Belakang Saat di Jalan Tol

Kecelakaan mobil di jalan tol yang disebabkan ditabrak dari belakang sering terjadi di Indonesia. Salah satu penyebabnya, yaitu karena kendaraan lain di belakang terlalu mepet.

Pada saat mobil lain terlalu dekat di belakang sama bahayanya dengan tidak menjaga jarak aman.

Hal ini tentunya akan membuat mobil yang ada di depan tidak leluasa dalam berkendara di jalan tol.

4. Bayar dan Ambil Bukti Tilang Kini Bisa di Mal

Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta meluncurkan program Tilang Goes To Mall. Lewat program ini, masyarakat bisa mengurus bukti pelanggaran (tilang) di mal.

Meski begitu, lokasi pelayanan ini memang belum banyak. Masih terbatas di Mal Metro Kebayoran, Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Tujuan utama program ini adalah untuk lebih memudahkan masyarakat DKI Jakarta dalam pengurusan tilang," ujar Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Reda Manthovani, dilansir dari Antara (21/6/2022).

5. Daihatsu Santai Tanggapi Kehadiran Hyundai Stargazer, Pesaing Xenia

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sudah mengunggah teaser penampilan model terbarunya di sosial media. Mobil ini yang diyakini adalah Stargazer.

Hadirnya Stargazer akan memberikan warna baru pada segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) alias MPV murah. Mobil ini akan menjadi pesaing baru dari Toyota Avanza dan Veloz, Daihatsu Xenia, dan lainnya.

Meski demikian, Daihatsu cukup santai menanggapi kehadiran pemain baru ini di segmen MPV murah. Daihatsu cukup optimistis bisa mempertahankan posisinya dengan beragam keunggulan yang ditawarkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/23/060200015/-populer-otomotif-viral-foto-pengendara-motor-tanpa-helm-kena-etle-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke