Salin Artikel

Kecelakaan Ojol, Berhenti di Pinggir Jalan Jangan Asal Buka Pintu Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berhenti di pinggir jalan, pengemudi mobil seringkali kurang berhati-hati saat membuka pintu. Padahal, pengemudi perlu memperhatikan keadaan lalu lintas di sekitarnya agar tidak mencelakakan pengguna jalan yang lain.

Kembali terjadi, seorang pengendara motor terlihat menabrak pintu mobil yang dibuka secara tiba-tiba di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Kamis (16/6/2022) yang lalu. Rekaman kejadian diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia.

Beruntung, pemilik rekaman dashcam mengatakan bahwa pengendara motor tersebut selamat dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

Saat akan membuka pintu mobil yang terparkir di pinggir jalan, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pengemudi atau pemilik kendaraan perlu memperhatikan keadaan lalu lintas dari kaca spion, memastikan bahwa area sekitar sudah aman atau kosong.

"Sebelum membuka pintu, sebaiknya melihat ke spion dan menengok ke belakang untuk memaksimalkan area pandang, sebelum membuka pintu kendaraan," ucap Marcell.

Kedua, buka pintu secara perlahan khususnya jika jalanan di sekitar mobil padat, sembari memastikan keadaan di sekitarnya aman. Hal ini juga bisa menjadi sinyal bagi pengguna jalan lain bahwa ada mobil yang akan dibuka pintunya.

"Dengan begitu, pengendara lain bisa melakukan antisipasi atau menghindar. Setelah dipastikan aman pengemudi bisa membukanya lebih lebar dan keluar dari mobil," ucap Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/18/080100215/kecelakaan-ojol-berhenti-di-pinggir-jalan-jangan-asal-buka-pintu-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.