Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bedanya Tuas Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus

JAKARTA,KOMPAS.com - Mobil transmisi matik saat ini banyak di gandrungi masyarakat. Alasannya, karena kemudahan pengoperasian, utamanya bagi yang kerap melakukan mobilitas di perkotaan.

Beda satu mobil matik dan lainnya, selain pada jenis, yakni terletak pada alur perpindahan tuas transmisi, di mana ada yang model lurus dan zig-zag. 

Model tuas gate sistem pengoperasian dengan cara zig zag, sedangkan pada jenis straight pabrikan mendesain model alur perpindahan girboks dengan bentuk lurus. 

Meski kedua model tersebut berbeda, Menurut Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, secara fungsi tidak jauh berbeda.

Jadi jika pengendara memindahkan tuas transmisi dari P ke D atau pada posisi gigi lainnya, maka dilakukan mengikuti jalur sesuai jalur yang disediakan. 

"Secara fungsi sama saja, hanya model tuasnya yang berbeda. Karena itu, cara pengoperasian model straight dan zig zag yang mesti di pahami," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (16/6/2022). 

Bukan tanpa sebab, desain dari pabrikan membedakan tuas transmisi model zig zag dan straight lantaran meminimalisir risiko bergesernya tuas transmisi. Dengan model berjenjang, otomatis tuas transmisi tidak akan bergeser sendirinya. 

"Biasanya kalau sedang berkendara tanpa sadar tidak sengaja menyengol tuas transmisi, tapi bila dibuat dengan model zig-zag maka akan lebih aman. Tuas yang tersenggol anggota tubuh biasanya lutut tidak mudah geser ke posisi lain," katanya. 

Jauh berbeda jika dengan model vertikal atau straight, menurut Bambang, kelihatannya sepele karena modelnya simpel, tetapi untuk faktor keamanan pabrikan melengkapi dengan fitur realese atau tombol pengunci. 

Umumnya, untuk memudahkan tangan pengendara, tombol realese di desain berada pada bagian samping atau belakang. Jika pengendara akan memindahkan tuas dari posisi P ke D, kaki menginjak pedal rem sambil ibu jari memencet tombol lock untuk bisa mengoper gigi transmisi.

Jadi, alur perpindahannya sebelum posisi gigi melewati R, tombol itu ditekan baru tuas transmisi bisa digeser. 

"Tombol lock fungsinya pengunci atau pengaman agar tak mudah geser. Fungsi lainnya yaitu tombol shift lock membantu pengemudi saat mobil di parkir paralel. Biasanya, posisi parkir di mall atau perkantoran memungkinkan mobil untuk di dorong karena keterbatasan slot parkir," bebernya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/16/143100415/bedanya-tuas-transmisi-matik-model-zig-zag-dan-lurus-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke