Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Mobil Matik Lebih Mahal Perawatannya dari Manual?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, mobil matik lebih banyak diminati konsumen Tanah Air karena menawarkan kepraktisan berkendara.

Terlebih jika mobilitas rata-rata dilakukan di kota-kota besar. Pengemudi tak perlu repot menginjak pedal kopling, karena cukup memainkan pedal rem saat terjebak macet. 

Namun kebanyak orang berpikir ada konsekuensi di balik kemudahan yang ditawarkan mobil matik, yakni dari segi biaya perawatan yang bila dikomparasi dengan transmisi manual sedikit lebih mahal.

Menanggapi hal tersebut, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, salah kaprah jika menilai perawatan mobil matik jatuhnya lebih mahal ketimbang manual. 

"Servis rutin per 5.000 kilometer (Km) biaya sama, hanya saja yang membedakan jumlah komponen yang masuk check list daftar servis, utamanya bagian rem dan kaki-kaki," ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (15/6/2022). 

Bagian komponen lain, menurut Bambang, seperti oli, filter, dan komponen pengapian tetap sama dengan daftar pengecekan dan perawatan bengkel resmi. 

"Oli mesin secara spesifikasi pabrikan tingkat viskositasnya sama saja, sedangkan untuk transmisi volume oli matik lebih banyak ketimbang transmisi manual," ucapnya. 

Menurut Bambang, jumlah volume oli lebih banyak karena konverter matik butuh pelumas transmisi hingga dua kali lipat.

Faktor utama penyebab kerusakan pada komponen girboks matik adalah seringnya pemilik telat melakukan penggantian oli. 

"Jika sudah ada kerusakan, biaya perbaikan transmisi matik jika di kalkulasi totalnya lebih mahal, apalagi keluaran terbaru yang menggunakan sistem transmisi CVT," ujarnya.

Untuk mobil transmisi manual, gaya berkendara yang buruk berpengaruh besar pada kerusakan komponen transmisi.

Karena jika pemakaian buruk pemilik bisa lebih sering mengganti kampas kopling. Selebihnya, pada mobil transmisi matik tak memberi pengaruh besar karena kontrol seluruh sistem transmisi sudah dikombinasikan Electronic Control Unit (ECU). 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/16/103100815/mitos-atau-fakta-mobil-matik-lebih-mahal-perawatannya-dari-manual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke