Salin Artikel

Kendaraan Patwal Ganti Warna, Ini Kata Pengamat

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri melakukan ubahan pada tampilan kendaraan Patroli dan Pengawalan (Patwal). Perbedaannya memang tidak terlalu banyak, ada pada bagian warna.

Mobil dan motor Patwal yang lama punya garis panah berwarna merah. Sedangkan untuk tampilan baru, warna merah tadi diganti dengan putih, sehingga menyisakan dua warna saja, yakni biru dan putih.

Pemerhati Masalah Transportasi Budiyanto mengatakan, perubahan warna tersebut juga ada dasar hukumnya. Salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan kesamaan dan keseragaman tulisan, warna, logo atau lambang dan ornamen serta bahan yg digunakan.

"Dalam mobil yang baru, didominasi warna biru muda dan putih, serta sedikit lis merah pada tulisan Polisi," ucap Budiyanto kepada Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Setiap warna yang ada di kendaraan Patwal punya artinya masing-masing. Seperti warna biru, ciri khas lalu lintas yang menggambarkan rasa aman dan nyaman. Sedangkan warna putih berarti bersih.

"Secara umum adanya perubahan tersebut untuk menggambarkan bahwa Polisi lalu lintas dalam memberikan pelayanan mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyrakat dengan dilandasi hati yang bersih," kata dia.

Selain itu, menurutnya ubahan tersebut bisa juga untuk mengubah image Polisi yang seram dan galak menjadi humble, melayani dengan ikhlas dan bertanggung jawab.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/14/171200315/kendaraan-patwal-ganti-warna-ini-kata-pengamat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.