Salin Artikel

Cerita Pasangan Bule Italia Touring ke Bali demi Vespa World Days

BADUNG KOMPAS.com - Banyak cara yang dapat dilakukan sebagai wujud atas kecintaan terhadap sesuatu. Bagi Pecorari Mario (69) dan Sandra Carozzi (59), touring bersama Vespa kesayangan merupakan salah satunya.

Sepasang suami istri asal Italia ini, menempuh perjalanan yang sangat panjang hanya demi mengikuti Vespa World Days (VWD) di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali.

Kecintaan terhadap Vespa telah membulatkan tekadnya untuk touring melaui jalur darat sampai ke Indonesia. Hanya saja, tak semua negara dilintasi supaya perjalanan efektif dan efisien.

"Kami tiba di Indonesia pada 2019 setelah diselenggarakannya VWD di Hungaria (6-9 Juni 2019). Sebab, awalnya acara ini akan dihelat pada 2020 di Indonesia" kata Mario kepada Kompas.com, Minggu (12/6/2022).

"Pertama yang saya rasakan, panas sekali. Di Hungaria, 26 derajat itu menurut saya sudah panas. Masuk ke sini, bisa mencapai 35 derajat," tambah pria berkaca mata tersebut.

Sembari menunggu VWD Indonesia, pasangan yang tercatat sebagai anggota Vespa Club Trieste e Gatti Ragatti, Italia itu, lantas melakukan touring mengelilingi Tanah Air.

Menggunakan Vespa PX klasik, perjalanan dimulai dari Jakarta kemudian ke beberapa wilayah di Pulau Jawa.

"Kami ikut ke acara Indonesia Scooter Festival 2019 di Yogyakarta. Lalu, menuju Malang dan tentu saja, ketika riding ke sana harus ke Bromo. Jadi kita melakukannya dengan Vespa," kata Mario.

Dengan usia yang tidak bisa dibilang masih muda, mereka pun mengaku bahwa mengalami beragam tantangan di sana. Mengingat, lintasan yang dilalui sangat menantang mulai dari tanjakkan terjal sampai pasir tebal.

Beberapa hari berlalu, perjalanan kemudian berlanjut ke Surabaya, Bali, hingga Lombok.

"Kami juga riding ke Sumatera, sampai ke titik kilometer 0. Kira-kira total 35-45 hari perjalanannya," ucap Sandra.

Sayangnya, usai menghabiskan waktu selama satu tahun penuh, gelaran VWD di Indonesia ternyata harus diundur karena pandemi Covid-19.

Sehingga mereka pun memutuskan untuk kembali ke Italia, meninggalkan Vespa-nya supaya tak memakan banyak biaya tambahan ketika kembali ke Tanah Air untuk gelaran VWD.

"Dikarenakan acaranya diundur, kami tinggalkan Vespa itu di Bali selama 2020-2021 karena saya harus kerja. Tapi ternyata izin (cernet) kendaraan kami habis dan tidak bisa diperpanjang," ucap wanita berambut ikal itu.

Pasalnya, timpal Mario, pemerintah Indonesia tidak memperbolehkan suatu kendaraan dari luar negeri tinggal lebih dari dua tahun. Jadi, Vespa PX klasik terkait terpaksa dipulangkan ke Italia.

Motor dikapalkan dari Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk di Jembarna. Tapi karena satu-dua hal, motor harus tertahan di Surabaya selama tiga hari.

"Kemudian saat proses pengkapalan di Singapura, ada pemblokiran yang memakan watu tiga bulan, membuat biayanya jadi sangat mahal. Maka kita putuskan untuk tidak mengirim Vespa kita ke sini saat VWD 2022," kata Mario.

Diketahui, Bali menjadi tuan rumah event Vespa World Day 2022. Event ini berlangsung mulai Kamis (9/6/2022) hingga Minggu (12/6/2022) kemarin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/13/110200115/cerita-pasangan-bule-italia-touring-ke-bali-demi-vespa-world-days

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.