Salin Artikel

Alasan Mengapa Sedan Tidak Punya Wiper Belakang

Sama seperti wiper depan, wiper belakang berguna untuk menyapu air ketika hujan. Ketika kaca belakang mobil kotor akan membuat pandangan pengemudi terganggu.

Alhasil, pengemudi sulit melihat jalan di belakang. Namun, tidak semua jenis mobil dilengkapi wiper belakang, salah satunya model sedan.

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, wiper untuk kaca belakang biasa ditemui di mobil jenis hatchback, SUV, maupun MPV.

Alasannya, karena bentuk dari bodi bagian belakang mobil tersebut membutuhkan penyeka kaca.

“Hal ini dikarenakan turbulensi kotoran dari ban bisa mengotori kaca, oleh karena itu, perlu ditambah wiper belakang,” kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sementara itu, pada sedan, memiliki bagian bagasi belakang yang cukup panjang. Kemudian kaca belakang juga relatif landai dan letaknya jauh dari ban belakang, belum lagi ada bagasi.

Desain yang dimiliki sedangn membuat turbulensi maupun cipratan air dari ban belakang tidak akan sampai ke kaca bagian belakang. 

Memang beberapa model sedan ada yang menggunakan wiper di kaca belakangnya, namun tidak sebanyak SUV atau model lain yang bagian belakangnya rata. Oleh karena itu, wiper di kaca belakang mobil sedan tidak begitu diperlukan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/13/094200215/alasan-mengapa-sedan-tidak-punya-wiper-belakang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.