Salin Artikel

Musim Hujan, Cek Komponen Ini Sebelum Berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, pemilik kendaraan roda empat perlu memperhatikan beberapa komponen mobil sebelum berkendara untuk menghindari potensi terjadinya kecelakaan.

Ada komponen-komponen tertentu yang bisa dicek. Menurut Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, ada enam komponen yang wajib dicek saat musim hujan.

"Kondisi ban, kondisi rem, kondisi mesin, wiper, air washer dan kelistrikan seperti lampu-lampu," ucap Didi pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pertama, ban merupakan komponen mobil yang secara langsung bersentuhan dengan jalan. Mengantisipasi jalan yang lebih licin akibat hujan, pastikan kondisi ban baik dan tidak botak, kemudian tekanan udaranya sesuai dengan standar pabrikan.

Kedua, rem mobil. Ini merupakan salah satu komponen yang vital dan sangat berbahaya jika diabaikan. Cek kampas rem sebelum berkendara, misalnya dengan memastikan tidak ada bunyi asing saat rem difungsikan. Jika ada bunyi decitan dari rem, ini bisa menjadi tanda bahwa kampas rem perlu diganti.

Ketiga, kondisi mesin mobil, khususnya saat kendaraan telah dipakai berkendara melalui hujan atau menerabas banjir. 

"Pada komponen wiper, karet wiper harus prima untuk menyapu air di kaca dengan baik," ucap Didi.

Terakhir, perhatikan kelistrikan misalnya kondisi lampu-lampu pada mobil. Pastikan bahwa lampu berfungsi dengan baik. Selain untuk visibilitas, lampu-lampu pada mobil berfungsi sebagai salah satu alat komunikasi dengan pengguna jalan lain.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/11/160200515/musim-hujan-cek-komponen-ini-sebelum-berkendara

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.