Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas Desain Interior All New Subaru Forester, Mewah dan Elegan

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Subaru Forester menjadi jagoan pertama PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia). Tampilan luar mobil ini terlihat maskulin dan berjiwa petualang.

Tapi, jika lihat bagian kabin atau interiornya, All New Subaru Forester S-EyeSight ini menampilkan sisi yang cukup berbeda. Tampilan dalamnya justru terlihat lebih mewah dan elegan.

Hampir seluruh bagian interior generasi kelima Forester ini dilapisi dengan material kulit, baik pada bagian pintu maupun dasbor hingga ke konsol tengah.

Selain itu, yang menjadi perhatian lainnya saat memasuki kabin sport utility vehicle (SUV) ini adalah kehadiran tiga layar instrumennya. Pertama, berada di balik setir. Kedua dan ketiga, letaknya di bagian tengah dasbor, atas dan bawah.

Untuk varian tertinggi yang diuji oleh Kompas.com, seluruh kursinya juga dilapisi dengan kulit. Bangku dengan model semi bucket seat ini juga memberikan kenyamanan tersendiri.

Kursinya bisa diatur sesuai dengan kenyamanan pengendara. Pengaturannya secara elektrik dan terdapat memory seat yang dapat menyimpan dua mode pengaturan. Pada bagian sandaran kepala alias headrest, dapat diatur kemiringannya secara manual.

Dari kursi pengemudi, visibilitas terhadap ketiga layar instrumen tetap maksimal. Sebab, kursinya dapat diatur sesuai dengan postur tubuh pengendaranya. Pandangan ke bagian luar mobil, seperti spion dan kap mesin, juga tidak terhalang apa pun.

Selanjutnya, untuk meraih tombol-tombol yang ada di konsol tengah juga test driver Kompas.com yang memiliki postur tinggi 157 cm dan berat 60 kg ini tidak menemukan masalah yang berarti. Tuas transmisi dan tombol pengaturan X-Mode bisa digapai dengan mudah.

Kesulitannya hanya pada saat menyesuaikan dengan tombol yang ada di setir. Khususnya, tombol untuk mengatur layar yang ada di bagian tengah atas dasbor. Namun, itu diyakini hanya masalah waktu saja sampai pemiliknya terbiasa.

Selanjutnya, jika beralih ke baris kedua, kabin All New Forester ini terasa lapang. Jarak bangku baris pertama dengan baris kedua atau tandem distance cukup lega.

Ruang kaki yang disediakan bisa dikatakan cukup maksimal. Namun, untuk ruang kepala, bagi orang yang memiliki postur 170 cm atau lebih, mungkin akan terasa sempit. Sebab, mobil ini memiliki sunroof yang kacanya akan membuka ke dalam saat diaktifkan.

Bagian bagasinya juga cukup lapang dan terdapat banyak pengait pada beberapa sisinya. Subaru juga memberikan power outlet dengan model car charger untuk dihubungkan dengan perangkat lain untuk berkemah.

Secara keseluruhan, interior All New Subaru Forester S-EyeSight terasa sangat mewah dan elegan. Mobil ini dibanderol 579,5 juta (OTR Jakarta) untuk tipe L dan Rp 659,5 juta (OTR Jakarta) untuk tipe S EyeSight.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/09/112200415/bahas-desain-interior-all-new-subaru-forester-mewah-dan-elegan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke