Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai 2023, Michelin Siapkan Pilihan Ban Terbatas Tiap Serinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi masa depan yang lebih baik, tiap pabrikan mulai fokus untuk mengambil langkah yang lebih ramah lingkungan. Begitu pula dengan Michelin yang memutuskan untuk menggunakan pilihan kompon lebih sedikit.

Sejauh ini, setiap pebalap MotoGP mendapat 12 ban belakang tiap serinya. Ban tersebut untuk sesi latihan bebas, sesi kualifikasi, warm up, dan balapan.

Dikutip dari Speedweek.com, Selasa (7/6/2022), 12 ban tersebut akan dibagi ke dalam beberapa kompon, yakni enam ban kompon soft, empat ban kompon medium, dan tiga ban kompon hard.

Pihak Grand Prix Commission sudah memutuskan, mulai musim 2023, hanya akan ada dua kompon berbeda yang akan digunakan tiap serinya.

Jadi, tiap serinya yang akan digunakan adalah kombinasi Soft dan Medium, Medium dan Hard, atau Soft dan Hard. Kombinasi tersebut berlaku untuk semua pebalap.

Michelin akan menyediakan tujuh ban untuk tiap pebalap, mulai kompon soft dan kompon hard akan tersedia lima kali.

Alasan pengurangan ini adalah karena tiap serinya Michelin harus membawa pulang banyak ban yang belum digunakan. Dengan begitu, pengurangan volume transportasi secara signifikan dapat dilakukan.

Ban yang tidak digunakan tersebut juga tidak digunakan lagi, melainkan akan didaur ulang untuk menjadi ban yang baru. Tentunya, proses tersebut akan memakan biaya dan juga berdampak pada lingkungan.

Dengan pengurangan pilihan kompon, tentunya akan memberikan tantangan tersendiri untuk para pebalap agar menyesuaikan dengan ban yang ada.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/08/114200215/mulai-2023-michelin-siapkan-pilihan-ban-terbatas-tiap-serinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke