Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Pelihara Suzuki Katana Lawas, Harga Sekennya Mulai Rp 30 Jutaan

SEMARANG,KOMPAS.com - Bermodal tipis tapi pengen beli mobil seken, ada beberapa pilihan mobil bekas, pecinta otomotif dapat memasukan Suzuki Katana ke dalam daftar buruan mobil murah.

Hanya bermodalkan Rp 30 jutaan, SUV mungil ini bisa jadi teman setia menyusuri padatnya jalan perkotaan. Begitu pula, saat pemiliknya ingin mencicipi medan offroad, cukup merombak ringan sektor dapur pacu maupun suspensi.

Suzuki Katana merupakan mobil jenis sport utility vehicle (SUV) yang diproduksi sejak 1986. Awalnya Katana di hadirkan sebagai variasi generasi Jimny.

Bedanya jika Jimny dibekali sistem penggerak 4 roda alias 4x4, Katana datang dengan modal penggerak 4x2. 

Urusan dapur pacu, Katana mengandalkan mesin 1.000 cc 4 silinder dengan kode mesin F10A. Dimensinya tergolong mungil, mobil ini punya panjang 3.100 mm, lebar 1.460 mm, dan tinggi 1.800 mm. Alhasil, kapasitas maksimal penumpang hanya mampu memuat hingga 4 orang. 

Kempes, pemilik bengkel Anugrah Abadi Demak mengatakan, dasar pertimbangan sebelum membeli Suzuki Katana, poin penting yang wajib di perhatikan adalah bagian sasis.

"Ngolong, cek bagian sasis kalau ada keropos tulangan jangan beli. Biaya perbaikan mahal, lebih baik cari unit lain," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (5/6/2022).

Tak kalah penting, pada bagian mesin, calon pembeli wajib memastikan tidak ada rembesan oli di bagian bawah atau cylinder head.

"Saat mesin menyala, jika terdengar bunyi aneh, artinya unit kurang fit. Tetapi sumber masalah biasanya asalnya dari packing getas," katanya.

Langkah terakhir, calon pembeli Suzuki Katana wajib melakukan test drive kendaraan. Dengan begitu, dapat diketahui bantingan suspensi, pengereman, dan tarikan mesin.

Untuk kisaran harga bekasnya, dari pantauan Redaksi Kompas.com di sejumlah bursa mobil bekas daring, Minggu (4/6/2022), Katana yang tersedia dibanderol mulai Rp 30 jutaan sampai Rp 70 jutaan.

Berikut beberapa pilihan Suzuki Katana bekas yang dirangkum Kompas.com dari beberapa bursa mobil bekas daring pada awal Juni ini.

Katana GX tahun 1991 harga Rp 32 juta

Katana GX tahun 1992 harga Rp 34 juta

Katana GX tahun 1993 harga Rp 37 juta

Katana GX tahun 1997 harga Rp 58 juta

Katana GX tahun 2001 harga Rp 63, juta

Katana GX tahun 2004 harga Rp 66 juta

Katana GX tahun 2005 harga Rp 75 juta

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/05/124100315/mau-pelihara-suzuki-katana-lawas-harga-sekennya-mulai-rp-30-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke