Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akselerasi Era Kendaraan Listrik, Kemenperin Kembangkan Swap Baterai

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan sedang berupya mengembangkan teknologi swap baterai bersama berbagai pihak, untuk mendukung percepatan era elektrifikasi kendaraan bermotor nasional.

Melalui pengembangan fasilitas penting terkait, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier percaya, dapat mendorong Indonesia jadi pemain penting dalam global supply chain kendaraan listrik.

“Kami berupaya mempercepat pengembangan ekosistem di kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulu sampai hilir, sehingga menjadi pemain penting dalam global supply chain, termasuk upaya untuk memproduksi kendaraannya,” kata dia, Selasa (1/6/2022).

Pengembangan kendaraan listrik juga, lanjut Taufiek diharapkan dapat mendukung pemenuhan komitmen pemerintah terkait pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 29 persen pada tahun 2030.

Kemudian pada 2060, Indonesia diharapkan masuk ke emisi nol atau net zero carbon emission, termasuk dalam aktivitas manufaktur. Komitmen ini disepakati dalam ajang Conference of Parties (COP26) di Glasgow.

”Pemerintah Indonesia telah menunjukkan komitmen kuat untuk berperan dalam menanggulangi perubahan iklim, dan telah menetapkan target net zero emission pada tahun 2060 atau lebih cepat jika mendapat dukungan internasional sebagaimana disepakati dalam COP26," kata Tuefiek.

Dalam proses percepataan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, pihak Kemenperin telah menjalin kerja sama dengan The New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO), Japanese Executing Agency, dan Indonesia R&D Institution.

Kerja sama tersebut mencangkup proyek demonstrasi sepeda motor listrik dengan teknologi swap baterai.

Lebih lanjut, hasil studi proyek tersebut dapat memberikan gambaran menyuluruh mengenai model bisnis battery swap dan dampaknya terhadap industri kendaraan bermotor.

Sehingga dapat dijadikan referensi untuk mendukung investasi dalam pengembangan ekosistem kendaraan bermotor rendah emisi dan ramah lingkungan di Indonesia.

“Kami apresiasi kepada semuanya atas kontribusi dan kerjasamanya sehingga proyek demonstrasi sepeda motor listrik dengan teknologi swap battery dapat dilaksanakan dengan baik di tengah situasi pandemi Covid-19,” ujar Taufiek.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/02/182100215/akselerasi-era-kendaraan-listrik-kemenperin-kembangkan-swap-baterai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke