Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencoba Jadi Penumpang Bus Baru New Armada, Skylander R22

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri New Armada memperbarui produk bus besar miliknya yakni New Skylander R22. Jika dibandingkan, New Skylander R22 punya tampilan yang lebih segar, nampak sporty dan dinamis.

Untuk bagian kabinnya, unit yang dipakai road test Jawa-Bali dibuat nyaman dengan berbagai bahan premium.

Selain itu, untuk sasis yang digunakan adalah Mercedes Benz OH 1626 yang sudah dilengkapi dengan suspensi udara. Lalu bagaimana rasanya menaiki bus ini?

Redaksi Kompas.com dapat kesempatan untuk mencoba bus baru New Armada ini untuk rute yang cukup dekat.

Perjalanan dimulai dari diler Hartono Raya Motor di Daan Mogot menuju tol bandara dan kembali lagi ke diler, jadi jalan yang dilewati cenderung mulus.

Untuk akses masuk, pintu New Skylander R22 ini sudah pneumatic, alias bisa dibuka pakai tombol saja.

Kemudian, ketika berada di lorong, kabinnya cukup tinggi, bahkan buat saya yang tingginya 178 cm, masih ada sisa empat jari dari kepala ke atap kabin, terasa leluasa.

Lalu, kabin ini diisi bangku yang disusun 2-2 alias dua kanan dan dua kiri. Tiga baris pertama, bangku yang digunakan dilengkapi dengan leg rest, arm rest, dan sistem hiburan berupa AVOD.

Sedangkan sisa bangku hanya dilengkapi dengan arm rest dan USB port untuk mengisi daya telepon genggam.

Duduk di bangku paling depan alias hot seat menjadi hal yang menyenangkan saat naik New Skylander R22.

Pandangan ke depan lega, karena sekat kaca depan yang posisinya rendah dan selendang samping dengan ukuran tidak terlalu besar sehingga kaca jadi tidak tertutup.

Selain itu, disediakan juga AVOD yang bisa digunakan untuk nonton YouTube sampai melihat kondisi lalu lintas di depan lewat kamera yang di pasang di kabin.

Sandaran kakinya juga cukup nyaman, ukurannya besar sehingga bisa menopang kaki dengan baik.

Beralih ke bangku agak tengah, ruang kakinya masih lega untuk orang dengan tinggi 178 cm. Selain itu ada kantong di belakang jok untuk menyimpan telepon genggam yang sedang diisi dayanya lewat USB port.

Soal kenyamanan saat berjalan, kebetulan unit yang digunakan memakai sasis OH 1626 yang sudah dilengkapi dengan suspensi udara.

Ketika dibawa ke jalan tol, bantingannya halus dan nyaman, bahkan saat duduk di bangku yang posisinya tepat di atas roda depan.

Selain itu, bodi New Skylander R22 ini bisa dibilang senyap, peredaman suara di kabin dan build quality-nya sangat baik. Saat bertemu lubang di jalan tol, tidak terdengar suara-suara seperti ada yang kurang kencang pemasangannya.

Kemudian, unit yang digunakan sudah dilengkapi dengan air purifier, sehingga sirkulasi udara di kabin sangat baik, membuat penumpang nyaman.

Sangat tidak sabar menunggu kehadiran operator bus yang menggunakan bodi New Skylander R22 untuk armadanya. Jadi di jalan raya bisa ditemui berbagai macam bodi bus, semakin bervariasi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/02/154100615/mencoba-jadi-penumpang-bus-baru-new-armada-skylander-r22

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke