Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Bagi Pengemudi Pemula, Begini Cara Atasi Mobil Gagal Menanjak? Belajar Mengemudi Mobil Tidak Boleh Asal, Ini Aturannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian mobil yang gagal menanjak di tanjakan memang bisa menjadi hal yang mengerikan.

Ada perasaan takut mobil tidak kuat menanjak sehingga bisa mundur tidak terkendali. Selain itu, memang ada beberapa kondisi yang menyebabkan mobil gagal menanjak.

Misal seperti kondisi mobil yang kurang prima, jalanan yang tidak rata atau licin, sampai salah cara mengemudikan. Lalu sebagai pengemudi, bagaimana cara agar tidak panik ketika mobil tidak bisa menanjak?

Selain itu, Jorge Lorenzo mengomentari situasi mantan rekan setimnya Marc Marquez. X-Fuera mengatakan, saat ini sulit melihat Marquez untuk tampil seperti pada musim 2019.

Lorenzo menilai sebelum Marc mengalami kecelakaan di Jerez 2020 yang membuatnya mesti absen selama semusim, banyak pihak termasuk dirinya yakin Marc bakal menyamai rekor Valentino Rossi.

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 31 Mei 2022 :


1. Bagi Pengemudi Pemula, Begini Cara Atasi Mobil Gagal Menanjak

"Tenangkan pikiran dan introspeksi diri apa yang menjadi masalah sehingga gagal menanjak," ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (30/5/2022).

Masalah mobil yang gagal menanjak bisa karena kurangnya kecepatan atau momentum saat mau melewatinya. Selain itu bisa juga karena salah memilih gigi transmisi sehingga mobil terasa kehabisan napas.

2. Marc Marquez Berat Kalahkan Gelar Rossi

Rossi yang pensiun usai musim 2021 mengoleksi sembilan gelar juara dunia, tujuh di antaranya dari kelas MotoGP. Adapun Marc sampai 2019, mengoleksi delapan gelar, enam di antaranya dari kelas premier.

“Dia mengalami periode terburuk dalam karirnya, tanpa diragukan lagi, dan Honda juga. Sebelum memulai kejuaraan 2020 mereka menandatangani kontrak empat tahun untuk mencoba memecahkan rekor dan mengalahkan Valentino Rossi sebagai gelar, yang saya yakin akan terjadi tanpa kecelakaan di Jerez,” kata Lorenzo mengutip Tuttomotoriweb.it, Selasa (31/5/2022).

Kini Marc memutuskan untuk mundur dari persaingan musim 2022. Dia akan menjalani operasi keempat tulang lengan atas. Jika tidak berhasil hal ini bisa membuatnya berat untuk mengejar gelar Rossi.

3. Bahaya Terlalu Sering Injak Setengah Kopling di Mobil Transmisi Manual

Akan tetapi, masih banyak pengemudi, terutama pemula yang salah saat mengoperasikan mobil transmisi manual.

Salah satunya, yakni menginjak pedal kopling dalam posisi setengah atau tidak sampai mentok.

4. Skema Cicilan Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion

Mobil jenis city car cukup banyak diminati di Tanah Air. Tak heran jika setiap pabrikan kendaraan roda empat berlomba-lomba untuk menghadirkan produk yang berkualitas dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Ada dua merek dari produsen otomotif asal Jepang yang cukup bersaing yakni Honda City RS dan Daihatsu Sirion.

Sebagai informasi, Brio RS CVT dibanderol dengan harga Rp 226.100.00 Mobil ini dibekali dengan dapur pacu SOHC 1.2L dengan 4 silinder 16 katup berteknologi i-VTEC.

Honda mengklaim tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut mencapai 90 pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm.

5. Cerita Motor China yang Sempat Booming tapi Ambruk di Indonesia

Pada tahun 2000-an, pasar sepeda motor Indonesia dibanjiri banyak merek asal China. Beberapa di antaranya saat itu ialah Sanex, Jialing, Zhongshen, Tossa, dan APPKTM. Kehadiran motor China atau mocin saat itu menjadi angin segar buat beberapa masyarakat.

Sebab, harganya lebih murah ketimbang merek Jepang yang merupakan penguasa pasar di Indonesia. Namun, mocin akhirnya ambruk di pasar.

Saat ini hanya sedikit merek China yang masih bertahan di Indonesia, salah satunya ialah APPKTM yang saat itu dikenal dengan sebutan "KTM Inul".

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/01/060200215/-populer-otomotif-bagi-pengemudi-pemula-begini-cara-atasi-mobil-gagal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke