Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ducati Tidak Istimewakan Pebalap Italia di MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati menjadi pabrikan yang paling banyak memiliki tim di MotoGP. Ada empat tim dengan delapan pebalap, lima di antaranya berkebangsaan Italia.

Para pebalap Italia tersebut adalah Francesco Bagnaia di tim Ducati Lenovo, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio di Gresini Racing, serta Luca Marini dan Marco Bezzecchi di Mooney VR46.

Sementara tiga pebalap sisanya adalah Jack Miller dari Australia, Johann Zarco dari Prancis, dan Jorge Martin dari Spanyol.

Meski banyak didominasi oleh pebalap asal Italia, tapi Ducati mengaku tidak memandang kebangsaan seseorang saat memilih pebalap.

Direktur Olahraga Ducati Corse Paolo Ciabatti, mengatakan, khusus untuk tim Mooney VR46 yang merupakan tim satelit, Ducati tidak memiliki hak dalam pemilihan pebalap.

"Ini adalah tim independen. Strategi mereka adalah untuk membawa pebalap mereka dari VR46 Riders Academy ke MotoGP. Itu sangat dimengerti dan masuk akal," ujar Ciabatti, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (25/5/2022).

Untuk tim Gresini Racing, Ciabatti menambahkan, sebelum Fausto Gresini meninggal, pendiri tim satelit tersebut sudah memiliki perjanjian dengan Diggia untuk naik ke MotoGP 2022.

"Itu adalah rencananya dan kami menghormatinya. Bisa dimengerti juga bahwa Enea Bastianini dipilih untuk 2022 setelah musim rookie yang kuat," kata Ciabatti.

"Ducati tidak melihat kebangsaan ketika mengontrak seorang pebalap, kami berpikir siapa pebalap muda yang paling menjanjikan? Jadi, kami kontrak Enea dan menempatkannya di Gresini Racing," ujarnya.

Ciabatti mengatakan, jika dilihat sekarang ini di kelas Moto2 dan Moto3, kebanyakan pebalap berasal dari Italia dan Spanyol. Menurutnya, banyak pebalap yang berasal dari kedua negara tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/26/140100915/ducati-tidak-istimewakan-pebalap-italia-di-motogp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke