Salin Artikel

Pengembangan E-TLE Perlu Diimbangi Kualitas SDM

Keunggulan E-TLE ialah menggantikan sistem manual, di lapangan di mana dapat berpotensi menimbulkan pungli, dihilangkan dengan diganti penegakan hukum dan dukungan teknologi.

Meski demikian, Budiyanto pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan, meski mengedepankan teknologi bukan berarti Polri tidak menyediakan sumber daya manusia yang terampil.

"Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah penyiapan SDM yang mumpuni atau berkualitas.S umber daya manusia yang ditempatkan di back office memiliki tugas cukup berat," kata Budiyanto, dalam keterangan resmi, Kamis (26/5/2022).

Para petugas yang bertugas di kantor, punya tugas tak kalah penting, menurut Budiyanto para petugas bertugas menganalisa dan memverifikasi data pelanggaran yang masuk.

"Sekaligus penyiapan surat-surat administrasi yang lain, sekaligus memberikan pelayanan dan mengkomunikasikan para pelanggar yang membutuhkan informasi," kata Budiyanto.

Sebab salah dalam menganalisa dan menverifikasi pelanggaran yang masuk, dalm tilang dapat berkonsekuensi terhadap masalah-masalah hukum seperti komplain dan pra peradilan.

"Sehingga begitu pentingnya penyiapan SDM yang profesional," kata mantan Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/26/110200815/pengembangan-e-tle-perlu-diimbangi-kualitas-sdm

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.