Salin Artikel

Laba Bersih FIF Group Naik 83 Persen di Kuartal Satu

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Federal International Finance (FIF Group) sebagai anak perusahaan PT Astra International Tbk di bidang jasa keuangan berhasil mencetak kinerja yang positif sepanjang kuartal pertama tahun ini atau Januari-Maret 2022.

Pada sisi pertumbuhan laba bersih, perseroan mencatatkan pertumbuhan 83,2 persen dari periode sama tahun sebelumnya, yakni Rp 409,80 miliar menjadi Rp 750,78 miliar.

Sementara untuk pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan alias amount finance, menjadi Rp 8,11 triliun. Naik 11,58 persen secara tahunan dari Rp 7,27 triliun.

Seiring dengan itu, PT FIF juga membukukan pertumbuhan booking unit (BU) sebesar 5,07 persen menjadi 665.000 unit pada periode Januari-Maret 2022 dibanding periode sama tahun lalu yang hanya sekitar 633.000.

Presiden Direktur PT FIF Margono Tanuwijaya mengatakan, hasil ini tak terlepas dari berbagai langkah dan strategi manajemen dalam menyiasati kondisi pandemi Covid-19 walau belum kembali ke kondisi normal.

"Salah satunya adalah dengan menghadirkan beragam inovasi digital yang terus ditingkatkan oleh FIF untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi seluruh customer," kata dia, Kamis (25/5/2022).

Inovasi digital yang dikembangkan ini, lanjut dia mengacu kepada setiap proses bisnis berdasarkan perspektif customer journey, mulai dari proses sales, order, akuisisi kredit, penyaluran pembiayaan, hingga proses collateral dalam penyimpanan jaminan kontrak kredit.

Peroduk tersebut, sangat membantu seluruh proses bisnis keuangan di antaranya adalah FIFGROUP Mobile (FM) Sales dan Digital Leads yang membantu penjualan sampai proses pengajuan order dan mempercepat akuisisi kredit.

Adapun FIF Group sendiri, memiliki lini bisnis utama pada layanan pembiayaan yang disediakan, yaitu FIFASTRA yang merupakan jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda, DANASTRA selaku pembiayaan multiguna, SPEKTRA, dan AMITRA sebagai pembiayaan syariah.

Penyaluran setiap lini tersebut menyumbang peningkatan pendapatan perseroan secara signifikan seperti FIFASTRA yang berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 7,10 triliun pada Januari-April 2022, naik 9,10 persen.

Bisnis kredit sepeda motor baru Honda ini mencatatkan peningkatan penyaluran penjualan 12,8 persen menjadi 420.000 unit, periode Januari - April 2022, dibandingkan periode sama sebelumnya, cuma 373.000 unit.

Di sisi lain, DANASTRA mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 3,92 triliun atau naik 13,4 persen pada periode terkait dari Januari-April 2021.

Untuk SPEKTRA, jumlah nilai penyaluran pembiayaan mengalami kenaikan sebesar Rp 53,4 persen menjadi Rp 254,45 miliar. Kemudian AMITRA, juga naik 4,68 persen menjadi Rp 29,4 miliar sepanjang Januari-April 2022.

“Bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun, PT FIF akan terus memberikan upaya terbaiknya sebagai partner solusi finansial bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya,” kata Margono lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/26/082200915/laba-bersih-fif-group-naik-83-persen-di-kuartal-satu-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.